wanda

12 Tips Cara Mengecat Motor Supaya Kinclong Lagi

Publikasi: 1 tahun 1 bulan 17 hari 5 jam 26 menit yang lalu

Adakalanya kita sayang banget dengan motor kita yang usianya udah belasan tahun menemani kita. Saking sayangnya kita gak tega buat ngejual motor tersebut. Tapi karena faktor usia si motor udah tampak kumuh karena catnya sudah pudar nan usang. Alih – alih di jual, yang ada malah motor itu dicat ulang supaya tampak muda kembali.

Mengecat ulang motor kesayanganmu tidak akan menjadi pekerjaan yang mudah. Karena sebenarnya banyak proses yang harus dilalui untuk mendapatkan hasil pengecatan yang maksimal. Cara ngecat motor pun dilakukan secara berbeda – beda di setiap bengkel. Jadi jika kalian tanya sama abang – abang di bengkel satu dan lain, bisa aja jawabannya berbeda. 

Hal yang harus kalian ketahui sebelum mengecat motormu adalah kalian harus mengganti warna kendaraan di STNK juga. Untuk prosedurnya gak terlalu sulit sih, biayanya juga gak mahal – mahal amat. Yang jelas jangan sampai warna motor dan keterangan warna di STNK-mu berbeda. Bisa ditilang ntar sob!

Hal lain yang harus kalian perhatikan juga yaitu ada 4 faktor yang dapat mensukseskan proses pengecatan motormu. Berikut adalah diantaranya :

1. Abang bengkel yang ngecat motor

Skill dari abang tukang cat akan memberikan perbedaan pada kualitas cat motor kamu.

2. Peralatan yang digunakan

Dengan peralatan yang sehat, kualitas penyebaran cat akan terjaga.

3. Cat dan bahan  yang digunakan

Kualitas bahan dan cat yang digunakan sudah pasti sangat berpengaruh. Pilih cat dan bahan yang sesuai dengan material dari motormu. Tentunya akan sangat berbeda antara mengecat besi dan fiber. Tanyakan lebih jelas pada customer service dari toko cat itu sendiri. Tanyakan juga apakah dia masih single. Siapa tau bisa digebet sekalian.

4. Metode yang digunakan

Cara yang digunakan untuk mengecat juga mempengaruhi hasil akhir dari kualitas cat. 

Jika ke empat faktor itu sudah kalian miliki, yakin deh proses pengecatan ampe finishing akan mulus banget. Tapi penasaran gak sih bagaimana cara mengecat motor kesayanganmu supaya bisa kinclong lagi? Nih beberapa tips di bawah ini akan menjawab segala pertanyaanmu. 

1. Siapkan bahan dan alat

Bahan dan alat yang dibutuhkan yaitu dempul, epoxy, cat, thinner, clear coat, Compound, Lakban kertas, dan amplas yang halus. Tentunya untuk membeli epoxy, cat, dan clear coat, kalian harus benar – benar selektif supaya hasilnya gak mengecewakan. Baca beberapa review untuk merek – merek yang umum beredar di pasaran.

2. Cuci part yang ingin di cat

Bongkar dan cuci part – part yang ingin kalian cat. Dicuci sampe bersih lho ya, jangan sampai ada debu sedikitpun. Karena adanya debu yang menempel akan merusak kualitas dari pengecatan. Rugi dong, udah keluar duit tapi catnya gak maksimal.

3. Lakukan pengamplasan 

Gosok dengan kertas amplas halus yang telah kalian siapkan tadi. Tujuannya untuk menghilangkan cat yang sudah ada pada part yang ingin di cat ulang. Mengamplasnya gak boleh asal nih guys. Gunakan gerakan kiri kanan atau depan belakang untuk membuat hasil amplasnya merata.

Untuk mempermudah, siramkan juga air supaya terlihat mana yang catnya sudah terangkat. Setelah selesai mengamplas, cuci ulang dan keringkan. 

4. Proses dempul

Proses ini hanya dilakukan ketika ada yang lecet lecet saja. Kalau part yang ingin kamu cat masih mulus, kamu bisa skip aja tahapan ini.

5. Tutup dengan epoxy

Fungsi dari epoxy adalah untuk menutup pori – pori dari part motor yang akan kita cat. Jadi permukaannya akan kembali halus. Epoxy ini bisa kalian tambahkan dengan thinner supaya epoxynya gak terlalu dominan. Tapi jangan terlalu encer ya. 

Penyemprotannya sendiri bisa menggunakan spray gun, tapi ada juga sih pilox yang berfungsi sama seperti epoxy. 

6. Yuk kita ngecat motor

Disini kalian bisa berikan cat dasar dulu sebelum di cat warna yang kalian inginkan. Berikan cat dasar secara tipis saja. Jika cat dasar sudah kering, baru kalian bisa mengecat sesuai dengan yang kalian inginkan. 

Campur cat dengan thinner, jangan kelewat encer juga.  Berikan jarak sekitar 30 – 40 cm dari spray gun ke bagian yang di cat supaya merata. Lakukan secara tipis – tipis namun berulang – ulang.

7. Berikan coating

Setelah cat kering, kita bisa berikan clear coat yang juga dicampur dengan thinner. Campurkan sesuai kebutuhan, kemudian semprotkan dengan jarak yang sama. Ingat, hindarkan proses ini dari debu supaya gak mengganggu prosesnya. 

8. Poles and Done

Step terakhir yaitu memolesnya dengan menggunakan compound. Poles sampai kinclong ya sob. Setelah itu kalian tinggal memasang ulang part – part yang sudah di cat dan motor kesayanganmu bisa kembali kinclong. 

Label : Perawatan Motor Cari Aman Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More