2 Hal Utama Alasan Ban Motor Kempis Mendadak

Publikasi: 10 bulan 13 hari 22 jam 10 menit yang lalu

Ban adalah material yang menutupi velg dan berfungsi untuk menyediakan bantalan kendaraan antara ban yang bersentuhan dengan permukaan jalan aspal.

Ban merupakan suatu wadah yang berisikan udara dan berfungsi menopang beban dari muatan kendaraan dan barang yang ada di kendaraan tersebut. Berikut adalah penjelasan tentang pengertian ban yang dimulai dari fungsi penggunaan ban.

Fungsi kegunaan dasar ban adalah memiliki daya cengkeram yang kuat, kemudahan untuk dikendalikan oleh pengendara dan bantalan ban untuk peredam getaran pada kendaran tersebut. 

Tujuannya adalah untuk menjaga keselamatan, kenyamanan dan ketahanan pada komponen ban mobil saat berkendara.  

Namun, tidak jarang ban motor tiba-tiba kempis atau kurang angin? Ternyata Ban motor sering tiba-tiba kempis atau kurang angin menandakan adanya beberapa masalah pada ban. 

Jika tidak ada kebocoran, pengecekan tekanan angin pada ban motor sebetulnya bisa dilakukan sebulan sekali. Namun jika belum sebulan ban motor sudah kempis,  bisa disimak beberapa penyebabnya :

  1.  Bocor halus pada dinding motor,  maka tekanan angin pada ban motor cepat habis "
  2. Jalur pengisian tekanan angin ban motor misalnya, pentil ban yang aus 

Jika motor sering mengalami kurangnya tekanan angin,  segeralah periksa kondisi ban dan pentil di ban motor. Bisa saja terjadi bocor halus yang tidak terdeteksi dan jadi penyebab sering kempisnya tekanan angin ban.

Nah, jika sudah ketahuan  alasan kebocoran,  rawat dengan serius  ban motor.  Ada baiknya,  minta tenaga ahli untuk menanganinya.   Karena itu bisa kunjungi bengkel AHASS terdekat, sekaligus  lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di  bengkel AHASS  agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Ban Motor

Berita Terkait