3 Hal Ini Yang Membuat Mesin Motor Honda Kamu Awet

Publikasi: 1 tahun 2 bulan 6 hari 17 jam 34 menit yang lalu

Siapa yang tidak mau mesin sepeda motor atau kendaraan roda dua kamu menjadi awet dan tidak mudah rusak? Tentunya kamu pengen kan, mesin motor kamu awet dan terawat. Selain lebih nyaman menunggangi motor dengan mesin awet, kita tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk perawatan alias lebih hemat biaya perawatan.

Sebenarnya awet tidaknya sebuah mesin sepda motor itu tergantung bagaimana pemakaian kita sehari – hari dan juga tentunya didukung perawatan yang berkala dan teratur. Ada 3 hal penting yang bisa harus diperhatikan jika memang kamu ingin membuat mesin kamu tetap dalam kondisi prima. Dan 3 hal penting ini sangat sederhana dan bisa kamu lakukan sendiri dirumah.

1. Mengganti Oli Secara Teratur 

Oli mesin adalah komponen penting yang digunakan untuk melapisi komponen mesin, yang berguna untuk melindungi berbagai gesekan yang terjadi di dalam mesin, sehingga memungkinkan mesin lebih lancar dan terlindung dari kerusakan akibat gesekan yang terjadi. 

Fungsi lainnya dari oli mesin yaitu sebagai salah satu media pendingin mesin, dalam keadaan panas beberapa oli mesin yang baik memiliki fungsi mengeluarkan panas dari komponen mesin yang bergesekan. Dan juga oli mesin memiliki fungsi juga sebagai pembersih mesin yang berfungsi membersihkan komponen dalam mesin.

Umumnya setiap 5000 km, jika kamu sering menggunakan sepeda motor dalam keseharian, tapi jika sepeda motor itu jarang dipakai ada baiknya tetap mengganti oli setiap 3 bulan atau 6 bulan sekali, jika tidak mencapai jarak 5000 km. Hal ini merupakan langkah paling praktis untuk menjaga mesin tetap awet terjaga dari kerusakan yang mungkin terjadi.

2. Memanaskan Mesin Sebelum Sepeda Motor Digunakan 

Teknik memanaskan mesin yang baik juga perlu diperhatikan, jangan asal menggeber – geber gas saat memanaskan mesin, Bro, karena bisa jadi akan malah menyia – nyiakan bahan bakar yang ada. Memanaskan mesin untuk mesin injeksi sendiri hanya perlu waktu 30 detik hingga 1 menit saja, dengan kondisi mesin stasioner. Memanaskan mesin ini memiliki tujuan melancarkan sirkulasi oli mesin agar lancar pada awal akan saat memakai sepeda motor, setelah beberapa waktu tidak digunakan.

Untuk sepeda motor dengan sistem karburator sendiri, kira – kira membutuhkan kurang lebih 2 sampai 3 menit untuk memanaskan mesin. Proses pertama menghilangkan kabut yang ada di dalam karburator dengan cara engkol beberapa kali dengan kondisi mesin mati dan kontak mati. Setelah itu barulah dihidupkan mesin dengan kondisi stasioner.

Cara ini cukup efektif untuk mempersiapkan mesin dengan suhu yang siap digunakan, sehingga menjadikan mesin lebih optimal. 

3. Melakukan Perawatan Servis Berkala 

Motor honda sendiri memiliki dukungan dealer – dealer berkualitas yang bisa kamu kunjungi untuk melakukan servis berkala pada motor kesayangan kamu. Dengan melakukan servis berkala di dealer resmi honda, tentunya akan membuat mesin motor kamu lebih awet, pasalnya di dealer resmi honda teknologi yang digunakan sangatlah canggih.

Dengan teknologi yang canggih dan teknisi handal yang berkompeten, perawatan mesin akan menjadi lebih mudah. Jika membutuhkan pergantian suku cadang, di dealer resmi pastinya akan diberikan suku cadang terbaik yang menjaga performa mesin. 

Servis berkala sendiri bisa dilakukan setiap 5000 km, atau setiap akan melakukan penggantian oli mesin, kamu bisa langsung request untuk servis dan cek kondisi mesin kamu. Tapi ingat servis ini harus dilakukan di dealer resmi ya.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More