3 Kelengkapan Sepeda Motor Yang Akan Menyelamatkanmu

Publikasi: 25 hari 18 jam 14 menit yang lalu

Sobat, jika kamu seseorang yang memiliki mobilitas cukup tinggi terutama menggunakan fasilitas kendaraan bermotor roda dua tentunya wajib menggunakan kelengkapan standar keselamatan kendaraan bermotor roda dua. Kelengkapan standar ini selain membuat aman juga bisa menyelamatkan kamu dari berbagai kejadian yang tidak diinginkan. Selain itu penerapan safety riding atau perlengkapan keselamatan sepeda motor ini sudah diatur di dalam peraturan undang – undang yang wajib ditaati oleh pengendara sepeda motor.

Agar kamu bisa berkendara dengan nyaman dan juga aman, sebaiknya mulai membiasakan diri untuk memakai perlengkapan sepeda motor yang sesuai dengan standar keamanan yang sudah ditentukan. Kebiasaan berkendara dengan menggunakan perlengkapan keamanan standar akan membuat kamu dan orang disekitarmu tetap aman saat berkendara. Baik kita akan akan membahas mengenai 3 perlengkapan safety riding yang wajib kamu pakai saat berkendara menggunakan sepeda motor.

1. Helmet Atau Pelindung Kepala

Sangat wajib bagi pengendara sepeda motor menggunakan dan memakai helm saat berkendara menggunakan kendaraan roda dua dimana saja dan kapan saja. Salah satu perlengkapan yang wajib bagi pengendara sepeda motor ini sangat membantu melindungi diri dari segala benturan yang mungkin terjadi. Sangat dianjurkan dan diwajibkan juga pemakaian helm standar nasional dimana pengendara memang harus memilih dan memakai helm yang memiliki standar yang sudah diuji. Tidak diperbolehkan penggunaan helm – helm jenis helm proyek ataupun helm – helm sejenisnya.

Dengan menggunakan helm kemanapun kamu mengendarai sepeda motor, berarti kamu sudah mencerminkan dan sudah menerapkan safety riding. Jangan sampai kelupaan helmnya ya sob?

2. Jaket Tebal (Kulit)

Perlengkapan kedua adalah jaket kulit atau jaket tebal lainnya. Mengendarai kendaraan sepeda motor memiliki resiko lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan jenis lainnya. Sebagai pengendara sepeda motor kita tidak punya penghalang gangguan dari luar. Kadang kerikil, debu dan juga gangguan lainnya dalam kecepatan relatif tinggi akan sangat mengganggu. Dengan menggunakan jaket tebal ini diharapkan bisa mengurangi dampak yang terjadi.

Dalam perjalanan jauh sebaiknya menggunakan jaket – jaket yang tahan angin (tidak tembus ke dalam), dan juga memiliki kemampuan bagus dalam menyerap keringat. Dalam perjalanan jauh tentunya kita juga akan melewati berbagai cuaca panas, hujan, sehingga jika ada pakailah jaket dengan fasilitas waterproof juga.

3. Sepatu

Perlengkapan standar terakhir yang harus dipakai oleh pengendara motor adalah sepatu. Kenapa sepatu? Sepatu merupakan pelindung kaki yang sangat efektif untuk melindungi kaki dari berbagai gangguan yang terjadi saat mengendarai kendaraan roda dua. Gangguan dari kerikil atau panasnya matahari dan juga dinginnya hujan tidak akan mempan terhadap  kaki yang memakai sepatu. Tentunya sepatu khusus yang memang ditujukan untuk pengendara motor. Selain itu sepatu juga merupakan salah satu jenis fashion bagi rider jika ingin tampil keren. 

Ketiga perlengkapan standar tersebut merupakan perlengkapan wajib yang akan menyelamatkanmu dari berbagai kejadian yang berbahaya dan tak terduga. Sebenarnya ada beberapa lagi perlengkapan yang mungkin bisa dijadikan sebagai standar safety riding. Sebagai contoh sarung tangan, celana panjang, masker wajah, kacamata hitam (jika berkendara di siang hari), dan berbagai perlengkapan lainnya. Tapi yang terpenting dari perlengkapan safety riding adalah ketiga komponen tersebut, mulai dari sepatu, helm, dan juga jaket yang tebal. 

Mulai sekarang biasakan untuk mengenakan kelengkapan keamanan yang standar untuk para pengendara motor agar kemanan dijalan raya bisa lebih terjamin ya bro!

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Wms Honda Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More