4 Cara Jitu Menghadapi Emak – Emak Penguasa Jalanan.

Publikasi: 2 tahun 6 bulan 13 hari 16 jam 45 menit yang lalu

Belakangan ini pengendara roda dua nampaknya dibuat resah oleh keberadaan begal dan gank motor. Bagaimana tidak, segala jenis kerusuhan telah banyak terjadi, baik di kota besar maupun kota pinggiran. Berbagai usaha dilakukan aparat untuk meringkus oknum – oknum meresahkan tersebut. Imbasnya, jalanan kembali damai aman sejahtera sehat sentausa.

Sayangnya hal itu gak berlangsung lama. Muncul sekawanan penguasa jalanan baru yang jadi viral jadi buah bibir netizen tanah air. Penguasa jalanan tersebut adalah emak – emak penunggang matic. Jika kamu sempat mengetahui banyaknya meme tentang emak – emak ini, kamu mungkin gak akan berhenti ketawa. 

Walaupun begitu, sebagai pengendara yang baik kita gak boleh merasa bodo amat akan keberadaan mereka. Mencontohkan kebaikan kepada pengendara lain akan sangat membantu menurunkan angka kecelakaan di jalanan. Untuk itu, di bawah ini ada beberapa tips jitu menghadapi emak – emak matic di jalanan. Yuk kita saksikan bersama. 

1. Doa sebelum keluar rumah

Alangkah baiknya sebelum kamu bertemu dengan mereka di jalanan, kamu berdoa dulu sebelum berangkat beraktifitas. Doain perjalanan kamu lancar, doain juga supaya gak ketemu dengan penguasa jalanan paling terkenal sejagat dunia maya ini. 

Dengan berdoa, paling gak kamu sudah berniat untuk berangkat dan pulang selamat. Jadi kalau misal bertemu dengan emak – emak matic, pikiran kamu akan lebih tenang dan akan selalu memilih opsi yang paling safe untuk kamu dan emak – emak itu. 

2. Awas! Kadang mereka ngelawan jalur

Berkendara di era milenial ini lebih rumit daripada di tahun 90an. Jaman dulu jumlah pengendara gak sebanyak sekarang. Jadi akan lebih mudah bagi mereka untuk menyeberang jalan. Nah berhubung sekarang ini banyak banget pengguna sepeda motor maupun mobil, emak – emak ini sering terlihat ngambil shortcut  yaitu ngelawan arus.

Jadi kalau nantinya kalian akan menyeberang dan melihat ada emak – emak bermatic di sebelah kiri kalian, pastikan mereka gak melawan arus dan mengganggu trackmu menyeberang. Karena kalau terjadi apa – apa dengan mereka, mereka gak akan mau disalahkan. Ujung – ujungnya kamu yang salah. 

Ingatlah petuah ini.  “Wanita selalu benar”

3. Ngalah, atau salip sekalian

Apa yang akan kalian lakukan ketika ada emak – emak bermatic dengan lampu sein kiri yang menyala tapi posisinya di tengah banget? Berada di belakang pengendara seperti ini akan membawamu kepada pilihan terpenting di dalam hidup. Duluin dari kanan, ikutin aja walau bikin bete, atau klaksonin sampe dia minggir? Yang jelas apapun pilihanmu, semuanya sama – sama beresiko. 

Tapi alangkah baiknya jika kamu menggunakan hanya 2 pilihan ini. Ngalah dan cari jalan lain, atau buruan salip emak – emak ini sebelum nantinya terjebak dalam keadaan yang salah. Tapi perhatikan juga ya cara menyalip mereka. Jangan tiba – tiba ngebut dan nyalip. Kasian juga mereka kalau gitu. 

Paling tidak berikan kode dengan dim light atau klakson jika dirasa perlu. Yang jelas mereka harus tau kalau ada sosok pangeran ganteng mau lewat. Ketika sudah berhasil melewatinya, tancap gas, kalau perlu masuk ke mode kecepatan cahaya seperti di Star Wars. 

4. Pengen mengedukasi? Peringatkan dengan klakson. 

Ada  baiknya juga kalau kamu peringatkan mereka  dengan klakson ramah. Semacam kode agar mereka minggir di daerah tepian. Kalau kamu mau mengedukasi mereka lebih jauh, omongin aja sekalian ketika kamu menyalip mereka. 

“Aduh buu, ati – ati bawa motornya. Jangan nengah kalo kecepatan pelan”, seperti ini contohnya.

Namun hal ini juga bisa membuat kamu kena semprot. Karena kebanyakan dari emak – emak ini gak bisa disalahin, gak bisa dibilangin juga. Jadi walau mereka yang salah, tetap di mata mereka kamu yang salah. Sekali lagi ingat, “Wanita Selalu Benar”.

Sebenarnya gak semua emak – emak membawa matic itu berkendara secara kurang aman. Ada juga diantara mereka yang berkendara secara benar dan sesuai aturan. Maka itu semoga kedepannya semakin banyak penyuluhan safety riding  di berbagai kalangan dan segmen masyarakat. Sehingga angka kecelakaan bisa turun secara drastis dan membawa rasa aman bagi pengendara – pengendara lainnya. 

Label : Cari Aman Cari Aman Cari Aman Cari Aman

Comment

User Comment

Your comment

Load More