4 Hal Yang Dapat Anda Lakukan Ketika Akan Berkendara Malam Hari

Publikasi: 1 tahun 1 bulan 15 hari 19 jam 13 menit yang lalu

Hampir sama ketika mengendarai kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor, di saat hujan, mengemudi di malam hari dapat memberi Anda lebih banyak kesulitan daripada melakukannya di siang hari. Hal tersebut dikarenakan jarak pandang yang sangat terbatas. Selain itu, mengemudi di malam hari juga dapat melahirkan masalah pada fokus, pelebaran pupil dan refleksi pada lampu dan cermin.

Akan tetapi bukan berarti semua masalah tersebut tidak ada jalan pemecahannya, bukan? Beberapa hal di bawah ini dapat Anda lakukan untuk dapat terhindar dari risiko apapun ketika mengendarai motor di malam hari.

Memeriksa kelaikan lampu depan

Tentunya, ketika harus mengendarai kendaraan di malam hari, maka agar dapat melihat jalanan di depan, lampu jauh dan dekat yang ada di bagian depan motor Anda harus berfungsi secara baik dan optimal. Kedua lampu tersebut diwajibkan dapat menyala dengan baik karena masing-masing memiliki fungsi tersendiri.

Lampu dekat berfungsi untuk menerangi jalanan di depat yang lebih dekat dengan roda depat dan lampu jauh untuk menerangi jalanan yang lebih jauh. Lampu jauh juga berfungsi ganda, yaitu dapat dipakai atau dinyalakan ketika hujan lebat atau kabut turun.

Untuk itu, usahakan untuk memeriksa kelaikan lampu minimal setiap satu bulan sekali. Apabila sudah agak redup atau setidaknya ada tanda menghitam pada bagian depannya, maka Anda dapat menggantinya dengan lampu yang baru.

Kurangi kecepatan dan ikuti tanda jalan

Dikarenakan keterbatasan jarak pandang, maka dirasankan untuk tidak memacu motor dengan sangat kencang. Hal itu untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan karena bertabrakan dengan kendaraan lain atau faktor lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat mengikuti setiap tanda jalan, seperti garis jalan, lampu jalan sampai dengan rambu-rambu lain yang tersebar di banyak jalanan. Hanya saja, apabila tidak ada tanda jalan yang Anda temui, maka Anda harus fokus terhadap jalanan di depan dengan penerangan lampu motor. 

Konsentrasi

Sudah semestinya ketika Anda mengendarai motor atau kendaraan jenis lainnya harus tetap dalam konsentrasi penuh. Sangat berbahaya apabila Anda terganggu konsentrasinya dan dapat mengakibatkan kecelakaan yang cukup fatal baik bagi diri sendiri atau orang lain di sekitar. Oleh karena itu, hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan kenapa ada peraturan dilarang mengoperasikan gadget atau smartphone ketika berkendara. 

Jaga kondisi tubuh

Memang terkesan sepele, akan tetapi menjaga kondisi sebelum berkendara juga sangat penting untuk diperhatikan. Ketika kondisi tidak fit atau lelah dan mengantuk, maka konsentrasi akan menurun drastis. Terlebih lagi apabila Anda baru saja meminum obat yang dapat menyebabkan kantuk atau bahkan mengonsumsi alkohol, maka akan sangat berbahaya jika meneruskan perjalanan menggunakan motor.

Ketika tubuh sudah mulai lelah atau mengantuk, maka tidak ada salahnya untuk menepi sejenak atau mencari warung atau minimarket. Anda dapat beristirahat sebentar dan makan atau minum-minuman ringan agar dapat mengembalikan kondisi tubuh. Dan apabila ada rest area, maka disarankan pula untuk menggunakannya untuk beristirahat barang satu atau dua jam.

Dari 4 poin di atas, apabila Anda memperhatikan dan melakukannya dengan baik, maka Anda juga dapat menghindarkan diri dari risiko kecelakaan. Selamat mencoba.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More