4 Langkah Cerdas Merawat Motor

Publikasi: 9 bulan 26 hari 6 jam 30 menit yang lalu

Kebanyakan  dari pemilik kendaraan, hanya bisa mengendarai tapi  sering malas   melakukan  perawatan. Bahkan  bisa dipastikan tidak paham sama sekali cara merawat motor. Akibatnya,  motor  sering ngadat  di jalan, tanpa pemberitahuan  lebih dulu. Nah, ini cara tips merawat motor yang benar:

1.Panaskan! Setiap Akan digunakan. 

Cara merawat motor pertama sekaligus yang paling gampang dilakukan demi menjaga performa motor adalah ddengan memanaskan mesin sesaat sebelum digunakan. Biasanya, cara ini dilakukan ketika pagi hari, tepat setelah semalaman mesin motor dalam keadaan mati.

Panaskan  mesin motor  paling tidak sekitar lima menit. Sebab, jika dilakukan berkepanjangam  bakal sia-sia, karena hanya akan membuang bahan bakar . Pastikan mesin motor terasa hangat. Kemudian, biarkan suhu tersebut meningkat perlahan secara alami. Hal sederhana seperti inilah yang bisa membantu motor jadi lebih awet dan membuat aki berumur panjang.

2. Gunakan BBM Tinggi Oktan

Beberapa produk motor keluaran terbaru, mesin yang digunakan telah dirancang sedemikian rupa dengan teknologi injeksi yang hemat bahan bakar. Supaya sistem ini mampu bekerja sebagaimana fungsinya, disarankan gunakan bahan bakar dengan oktan di atas 90. Terutama untuk motor jenis sport.

BBM  dengan oktan tinggi mampu melakukan pembakaran mesin secara sempurna dan tidak menyisakan kerak di area injector.

3. Cuci Berkala

Bersihkan  motor secara berkala, baik dicuci menggunakan air atau sekadar di lap. Pembersihan  secara berkala seperti ini bukan hanya menjaga penampilan motor supaya enak dipandang.  Tetapi juga membersihkan kotoran yang menempel di area mesin ataupun kanvas rem.

Gunakan sabun atau shampo khusus . Pastikan menyemprotkan air dengan kencang di bagian yang berdebu supaya tidak meninggalkan goresan ketika digosok. Pada bagian roda, bersihkan dengan sikat ekstra lembut seperti sikat gigi supaya mampu menjangkau area atau celah kecil di sekitarnya.

Setiap kali digutur hujan,  pastikan motor dicuci. Karena air hujan bersifat asam yang bisa memicu karat sehingga area yang bermaterial besi lebih cepat keropos. Setelah dicuci bersih, keringkan seluruh bagian motor supaya tidak meninggalkan bercak putih. Lapisi juga dengan cairan silikon agar tampak lebih mengilap.

4. Lindungi Dari Paparan Sinar Matahari 

Pastikan ketika memarkir motor,  tidak langsung terkena paparan sinar matahari secara langsung dan terus-menerus. Karena ini akan memicu terjadinya retakan di area kaca speedometer motor.  Dan juga bisa mengubah warna body cepat  menjadi pudar dan kusam.

Itulah tadi beberapa cara sederhana yang bisa Anda terapkan untuk merawat motor. Percayalah, perawatan rutin bisa membuat tampilan motor kesayangan jadi lebih tahan lama, mesin tidak gampang mengalami kerusakan dan performanya terjaga.

Untuk menghindari kendaraa  ngadat di jalan secara mendadak, selain memperhatikan perawata dan  BBM yang digunakan, jangan lupa untuk  selalu melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Wahana Makmur Sejati Tips Merawat Motor Tips Motor Honda WahanaHonda #hondacare

Berita Terkait