4 Tanda Oli Gardan Wajib Diganti

Publikasi: 1 bulan 19 jam 57 menit yang lalu

Oli gardan motor matic yang telah terkontaminasi bisa membuat kinerja mesin menjadi terganggu. Seiring berjalannya waktu dan lamanya pengoperasian kendaraan matic, tingkat kekentalan pada oli gardan juga akan semakin berkurang dan terkontaminasi. 

Bila ini terjadi, dipastikan tu pertanda oli gardan motor matic habis dan harus segera diganti karena telah tidak layak untuk digunakan lagi.

Ada empat Ciri Oli Gardan Motor Matic Perlu Diganti

1.Suhu Meningkat

Ciri yang menandakan bahwa oli gardan motor matic habis adalah ketika motor mengalami overheating. Ini disebabkan karena gardan tidak mendapat pelumasan dengan baik. 

Akibatnya, timbul gesekan antara komponen yang ada pada gardan tersebut sehingga meningkatkan suhu sampai overheating. 

2. Bearing Gardan Goyang 

Dampak telat mengganti hingga menyebabkan oli gardan motor matic habis bisa memicu kerusakan pada beberapa bearing yang ada di dalam gardan. 

Salah satunya adalah bearing gardan pada box CVT yang berfungsi untuk menyelaraskan putaran mesin motor matic dan pulley bagian depan. 

Kondisi bearing gardan yang goyang atau rusak bisa ditandai dengan munculnya suara yang kasar seiring dengan kian meningkatnya laju motor matic saat dipacu.  

 3. Tercium Bau Tidak Sedap 

Saat dinyaakan, motor matic mengeluarkan bau tak sedap? Bisa jadi oli gardannya habis atau sudah terlalu kotor. Jika sudah seperti ini, jangan ditunda lagi, segera bawa kendaraan matic Anda ke bengkel resmi terdekat untuk mengganti oli gardan. 

4. Oli Keluar dari Gardan

Ciri terakhir jika oli gardan sudah benar-benar habis adalah ketika terlihat adanya tanda-tanda kebocoran oli di bagian gardan. Seperti, munculnya oli yang keluar di sekitar gardan atau di bagian bawah motor. 

Isi Ulang Oli Gardan Motor Matic 

Untuk menghemat biaya, saat oli gardan motor matic habis Anda,  sebetulnya bisa isi ulang secara mandiri ketika muncul tanda-tanda seperti yang telah disebutkan  di atas. Ikuti petunjuk praktis ini: 

  • Parkir kendaraan matic di permukaan yang datar. 
  • Pastikan kondisi motor sudah dingin. 
  • Cari lokasi oli gardan, umumnya terletak di sekitar bagian tengah motor atau roda belakang. 
  • Buka tutup oli gardan, umumnya berbentuk seperti ulir atau penutup karet. 
  • Isi oli gardan sesuai batas level yang telah ditentukan pada indikator level oli. Hindari mengisi oli gardan terlalu penuh karena bisa membuatnya keluar dari gardan pada saat motor matic digunakan. 
  • Tutup kembali oli gardan dan pastikan dalam kondisi rapat.

Sebagai pemilik  motor, sebaikmya jangan lalai untuk mengecek kondisi kendaraan. Jangan  biasakan menunggu motor  sampai mengeluarkan suara berisik dan bergetar yang menandakan bahwa oli gardan motor matic habis. 

Segera lakukan pengisian ulang secara mandiri atau atau ganti oli gardan ke bengkel AHASS. Pastikan selalu melakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor  termasuk ban tetap bisa bekerja secara optimal.Artinya

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.*

Service Motor Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Servis Motor #hondacare Oli Gardan

Berita Terkait