5 Tips Merawat Motor Di Musim Hujan

Publikasi: 10 bulan 29 hari 15 jam 24 menit yang lalu

Musim hujan telah tiba. Khusus para pengendara motor, ini artinya perlu upaya ekstra dalam merawat motor mereka. Karena kandungan asam yang terdapat pada air hujan, dapat menyebabkan kerusakan komponen pada motor.

Karena itu, perhatikan 5 tips  dalam merawat motor di musim hujan:

1. Cuci Motor Setelah Hujan

Kebiasaan buruk dari pemilik kendaraan justru enggan mencuci motor setelah terkena hujan.

Ini terjadi  hanya dengan alasan, sebentar lagi juga akan hujan lagi, dan membuat motor kotor lagi. Mencuci motor segera di saat begini akan menjadi sia sia.

Tinggalkan kebiasaan dan pikiran  buruk itu! Mencuci motor setelah terkena hujan adalah hukumnya wajib.

Selain untuk  menghindari lumpur atau kotoran lain, kandungan asam yang terdapat pada motor juga dapat segara dihilangkan. Agar komponen besi pada motor tidak cepat berkarat, rapuh  dan menjadi cepat rusak.

2. Perhatikan busi

Busi adalah komponen terpenting pada motor karena pengapian pertama kali terjadi di busi. Ketika hujan, motor yang sering mogok juga sering disebabkan oleh kondisi busi yang basah.

Karena itu, Anda perlu memastikan busi tetap kering. Caranya? Dengan mencabut kop atau karet penutup busi, kemudian menggosok  busi beserta kabelnya dengan lap sampai benar-benar kering.

3. Cek Tekanan Angin dan Kondisi Ban

Karena sering terkena genangan air, bisa menyebabkan angin ban menjadi berkurang. Dan ban motor Anda cepat jadi bocor.

Apalagi jika kondisi ban sudah halus, Anda  pasti bakal kesulitan mengendalikan motor ketika hujan karena licin. Karena itu, periksalah kondisi ban motor Anda dan pastikan selalu dalam keadaan prima.

4. Bersihkan Kampas Rem

Hujan dapat menyebabkan kampas rem mengembang sehingga  saat Anda melakukan pengereman akan terdengar suara berdecit yang tidak nyaman.

Ketidaknyamanan ini dapat Anda atasi dengan cara menyemprotkan air ke kampas rem agar kotoran yang ada di kampas rem hilang. Lakukan pengereman beberapa kali agar kampas rem kering dan suara berdecit akan hilang.

5. Cek  & Rawat Rantai

Bagi Anda yang menggunakan motor bebek atau sport, maka rantai sebagai penggerak motor harus Anda cek dan rawat.

Letak rem yang berada di bawah sehingga sering terkena air akan membuat rantai motor Anda cepat kehilangan pelumas dan berkarat.

Anda dapat segera menyemprotkan air pada rantai setelah kehujanan. Berikan pelumas agar menambah umur pakai rantai motor Anda.

Label : Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Musim Hujan

Comment

User Comment

Your comment

Load More