6 Aturan Sepele Yang Cukup Penting Untuk Diketahui Sebelum Melakukan Touring

Publikasi: 2 bulan 27 hari 2 jam 38 menit yang lalu

Bagi Anda yang gemar mengendarai motor untuk sekadar berkeliling di sekitar tempat tinggal ataupun touring ke tempat baru, berkendara dengan menggunakan sepeda motor dapat membuat diri menjadi senang. Dan salah satu kesempatan berharga adalah ketika Anda berkendara secara berkelompok dengan teman atau keluarga untuk menuju suatu tempat.

Untuk itu, bagi Anda yang belum pernah melakukannya atau juga baru pertama kali touring secara berkelompok, maka beberapa informasi di bawah ini dirasa akan sangat membantu sekali. So, simak kiat-kiat berikut ini.

1. Persiapan

Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya Anda dan kelompok membahas segala hal terlebih dahulu, seperti mulai dari menentukan tujuan, titik-titik pemberhentian di sepanjang jalan sampai dengan menentukan siapa yang memimpin rombongan. Dalam hal ini, pemimpin rombongan yang harus selalu berada di depan, wajib mengetahui dan hafal rute yang bakal dilewati.

2. Pemahaman dan pemetaan

Setelah ditentukan tujuan dan segalanya, ada baiknya juga untuk setiap anggota rombongan memiliki peta atau menggunakan GPS sebagai penunjuk arah cadangan ketika perjalanan dimulai.

3. Batasi jumlah anggota

Memang akan terasa menyenangkan apabila touring dengan banyak orang. Akan tetapi lebih disarankan untuk berangkat dengan jumlah orang yang terbatas saja. Hal tersebut untuk meminimalisir segala hal negatif yang dapat terjadi. Apabila touring dengan jumlah peserta yang cukup banyak, maka akan sulit dalam pemantauan atau juga fleksibilitasnya akan berkurang.

Namun apabila ternyata jumlah orang yang ingin ikut serta dalam touring lebih dari 7 atau 10 orang, ada baiknya dibagi menjadi 2 kelompok agar lebih memudahkan kordinasi dan pemantauan serta meminimalisir kecelakaan.

4. Persiapkan kendaraan 

Tentu saja dikarenakan kendaraan yang bakal digunakan untuk touring adalah motor, maka sebelum melakukan perjalanan, Anda wajib untuk mempersiapkan kendaraan tersebut sebaik-baiknya. Persiapan yang dimaksud adalah dengan memeriksa segala bagian dari motor, apakah masih laik untuk digunakan perjalanan jauh atau sudah waktunya diganti. 

Hal tersebut dirasa perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kejadian tidak mengenakkan selama perjalanan, seperti mogok, pecah ban sampai dengan hal-hal teknis lainnya. Ditambah lagi, akan menjadi satu hal yang mengecewakan ketika berada di perjalanan yang jauh dari manapun, tiba-tiba motor mengalami kendala.

5. Memahami etika berkendara

Baik berkendara sendirian ataupun dengan kelompok besar, setiap orang harus memahami etik berkendara di jalan raya. Hal itu dikarenakan jalan raya bukan milik perseorangan atau kelompok. Banyak orang yang menggunakannya pula. Oleh karena itu jangan sampai karena ingin tampil keren dan berhasil sampai tujuan, tapi harus membuat orang-orang sekeliling atau lainnya merasa jengah atau sampai marah.

6. Pahami sinyal tangan

Ketika berkendara secara berkelompok, jangan sampai bergerombol karena akan membuat pengguna jalan lain terganggu. Upayakan untuk berkendara secara berjajar. Untuk motor yang berada di bagian depan berfungsi sebagai sebagai leader yang wajib untuk memberikan tanda-tanda berupa isyarat tangan yang harus dipahami oleh para anggotanya.

Berkendara secara berkelompok tentunya akan memberikan suatu pengalaman menarik tersendiri. Oleh karena berbijaksanalah di jalan raya agar dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan atau juga mengganggu pengguna jalan lainnya. Dan semoga beberapa tips di atas dapat membantu Anda dalam mempersiapkan segala hal sebelum memulai touring. 

Label : Touring Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More