7 Alasan Sepeda Motor Lebih Efektif Daripada Mobil

Publikasi: 5 tahun 11 bulan 26 hari 5 jam 50 menit yang lalu

Kendaraan nampaknya telah menjelma menjadi kebutuhan pokok untuk pekerja khususnya di kota besar. Meski ada transportasi umum, nyatanya banyak orang menganggap bahwa memilikinya sendiri akan lebih efektif dan dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Motor atau mobil, kerap menjadi pertimbangan sebelum membeli kendaraan. Ada kalanya kamu menganggap mobil lebih nyaman untuk dikendarai, namun di sisi lain, kamu merasa sepeda motor lebih menguntungkan. Sebelum memutuskan, ini alasan kenapa banyak orang mengganggap motor cocok untuk jadi kendaraan pertama kamu!

Harganya Lebih Murah

Bagi kamu yang merasa butuh kendaraan untuk beraktivitas sehari-hari namun memiliki dana terbatas, sepeda motor bisa jadi salah satu solusi yang tepay. Nggak perlu merogoh kocek terlalu banyak, kamu sudah dapat memiliki unit kendaraan dibandingkan mobil. Dengan banyaknya penawaran cicilan yang semakin mudah untuk didapatkan, kamu bisa mengambilkan tanggungan jangka pendek sambil menabung untuk kebutuhan lainnya.

Lebih Hemat Bahan Bakar

Selain harga unitnya yang lebih murah dibandingkan mobil, sepeda motor juga lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar. Untuk mencapai jarak yang sama, kamu nggak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengisi bensin. Hal ini sangatlah penting jika kamu rutin menggunakannya setiap hari untuk jarak tempuh yang agak jauh. Kamu pun masih bisa menyisihkan pendapatan untuk tabungan dan hiburan lainnya.

Lebih Praktis Saat Berkendara

Nggak hanya di kota-kota besar, kini daerah kecil pun mengalami kemacetan akibat banyaknya kendaraan yang menumpuk. Namun, jika kamu menggunakan sepeda motor, maka ukuran ramping kendaraan ini bisa mengakali kemacetan dengan mencari jalan pintas! Hal ini tentu sulit dilakukan jika kamu menggunakan mobil dengan ukuran yang lebar. Pasalnya, jalan pintas yang bebas macet seringkali hanya bisa dilalui oleh sepeda motor. Selain itu, badan motor yang cenderung kecil memungkinkan Anda untuk terbebas dari antrian macet dengan memanfaatkan sisa lebar jalan yang ada di sebelah mobil. Eits, tetap hati-hati, ya. Jangan sampai kamu tersenggol dan jatuh karena jarak yang terlalu sempit!  

Lebih Praktis Saat Mencari Parkir

Dengan ukurannya yang cenderung kecil, sepeda motor lebih menghemat tempat dibandingkan mobil. Hal ini akan memudahkan kamu untuk mencari tempat parkir atau tempat berhenti tanpa harus mengganggu lalu lintas. Badan mobil yang lebih besar membuat pengendara sulit menemukan tempat parkir yang cukup dan aman. Sedangkan, pengendara motor hanya memerlukan ruang kecil untuk bisa parkir!

Biaya Parkir Lebih Hemat

Kabar gembira lainnya, kamu juga nggak perlu khawatir soal biaya parkir motor! Biaya parkir motor per-jam nya lebih murah dibandingkan dengan parkir mobil yang kerap menguras kocek. kamu bisa mengalokasikan dana tersebut untuk keperluan lain.

Mudah Dibawa Ketika Mogok atau Kempes Ban

Siapa yang nggak jengkel ketika kendaraannya mogok tiba-tiba? Atau ketika mengalami kempes ban di tengah perjalanan? Jika Anda menggunakan motor, kamu nggak perlu merasa kesulitan! Pasalnya, kamu bisa dengan mudah menemukan tempat tambal ban di sekitar jalan yang dilalui. Pengerjaannya pun tidak memakan waktu lama hingga kamu siap mengendarainya kembali. Nggak perlu minta bantuan banyak orang untuk mendorong kendaraan besar, kamu cukup menuntunnya ke bengkel terdekat untuk segera memeriksa kendaraan. Sungguh praktis, bukan?

Dapat Melatih Koordinasi dan Keseimbangan

Percaya atau nggak, mengendarai sepeda motor ternyata juga memberikan dampak positif bagi tubuh, lho! Ketika kamu terbiasa untuk mengendarai sepeda motor secara baik dan benar, tanpa sadar, kamu juga melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh saat mengendalikan rem dan tuas kopling. Gerakan tubuh ketika mengendalikan stang saat berbelok dan melaju pelan pun juga dapat mengendalikan keseimbangan tubuh agar nggak terjatuh! Nah, nggak bingung lagi kan kenapa motor lebih menguntungkan?

Bebek Matic Honda

Berita Terkait