7 Hal Esensial, Biar Boncengan Aman

Publikasi: 2 tahun 1 bulan 9 hari 19 jam 1 menit yang lalu

Motor roda dua telah menjadi kendaraan alternatif paling favorit untuk  digunakan saat berpergian. Namun, sayangnya masih banyak  yang belum menyadari sisi keselamatan saat berboncengan motor.

Sebetulnya, apa saja hal sederhana namun esensial, yang perlu diperhatikan saat memberikan bangku belakang untuk berboncengan. 

Ini beberapa hal  yang perlu disimak, agar  berboncengan aman, nyaman serta selamat sampai ke tujuan: 

1. Sebelum memberikan bangku belakang untuk diboncengi, si pengendara wajib memperhatikan tekanan angin ban. Karena ban yang kempes akan menjadikan tarikan motor berat sekaligus menyebabkan motor menjadi lebih boros.

2. Pengendara dan yang dibonceng wajib menggunakan safety riding. Salah satu yang utama, tentu wajib pakai helm. Untuk perjalanan touring ke luar kota, wajib tambahkan menggunakan jaket juga sarung tangan.

3. Pengemudi harus dapat mengatur pergerakan titik berat agar seirama dengan pergerakan motor. Jangan sampai saat menikung ke kiri, pengemudi malah miring ke kanan.

4. Pembonceng sebaiknya duduk menghadap ke depan searah pengemudi dan berpegang  di pinggang pengendara bukan berpegangan pada behel motor. Ini bertujuan agar bisa menjaga keseimbangan motor ketika melakukan manuver atau saat berjalan menikung.

5. Pastikan posisi lutut pembonceng rapat kearah dalam motor, dengan begini pembonceng dapat mengikuti gerakan pengendara sehingga memudahkan kontrol motor.

6. Untuk pemboceng wanita, sebaiknya  hindari menggunakan rok lebar. Kalaupun  pun sudah terlanjur menggunakan rok, sebaiknya betul betul ditempatkan pada posisi dilipat di bawah paha dan diduduki. Jangan sekalipun membiarkan  rok menjuntai, karena bisa berakibat tersangkut ke dalam roda atau rantai motor yang akan beresiko fatal.

7. Jangan membonceng lebih dari 1 orang. Sejak awal Motor dirancang  hanya untuk dikendarai 2 orang. Jumlah pembonceng yang berlebihan akan sangat membahayakan keselamatan, sekaligus  memperngaruhi ketersediaan dan kenyamanan tempat duduk serta keamanan saat mengendalikan motor.

Cari Aman Safety Riding Boncengan Motor Tips Boncengan

Berita Terkait