7 Hal Penyebab Motor Tersendat, No 2 Wajib Dipatuhi

Publikasi: 1 tahun 6 bulan 12 hari 13 jam 24 menit yang lalu

Motor  yang  tersendat-sendat  ketika berakselerasi,  besar kemungkinan  disebabkan  karena aliran bahan bakar tidak lancar atau bisa juga filter udara tertutup debu. 

Namun di luar itu,  coba teliti 7 hal berikut, yang diduga bisa mengatasi motor yang tersendat-sendat.

1.  Busi Rusak

Busi bisa menjadi penyebab motor brebet di rpm tinggi, karena busi tidak menciptakan percikan api untuk pembakaran dalam mesin. Kondisi busi yang kotor atau mulai renggang akan menjadi penyebab brebet saat motor di gas.

Ciri busi yang mulai rusak adalah tampak berwarna kehitaman. Jika kotor, coba bersihkan dan pasang kembali. Namun jika distarter tetap tidak menyala, artinya busi sudah mati atau tak bisa digunakan.

Busi yang sudah mati tidak bisa menyalakan api sehingga pembakaran di dalam mesin tidak dapat terjadi. Maka harus diganti baru. 

2. Cek Bahan Bakar 

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai standar bisa membuat motor tersendat. Banyak pengendara yang lebih memilih bahan bakar murah dibanding berkualitas bagus. 

Bahan bakar berkualitas rendah akan menyebabkan mesin  jadi knocking dan tersedat . 

Selain kualitas rendah, bahan bakar campuran juga bisa menyebabkan mesin knocking. Perbedaan kualitas pada bahan bakar akan menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna.

Bahan bakar yang disarankan untuk digunakan harus memiliki angka oktan minimal 92, sehingga pembakaran di dalam mesin akan sempurna. 

Karena itu, gunakan hanya bahan bakar berkualitas dan sesuai standar.

3. Filter Udara Kotor

Jika motor digunakan dalam jangka waktu lama dan tidak rajin dibersihkan menyebabkan debu dan kotoran menempel pada filter. Ini menyebabkan udara yang masuk bakal berkurang karena terhambat debu dan kotoran.

Filter udara bukan hanya harus rutin dibersihkan, tapi juga  wajib diganti berkala setiap beberapa ribu kilometer filter.

Lama tidaknya penggantian ini tergantung lokasi pemakaian. Motor yang digunakan di perkotaan biasanya lebih cepat memerlukan penggantian filter udara. Dengan membersihkan atau menggantikan filter udara, maka pembakaran dalam mesin akan terjadi dengan baik.

4. Ada Air di Tangki  

Air bisa menyebabkan pembakaran terganggu karena mengurangi bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran. Air bisa masuk ke tangki bahan bakar biasanya karena salah dalam metode pencucian motor atau membeli bensin eceran. 

Seringkali penjual eceran lalai dalam memindahkan bensin ke dalam botol eceran sehingga terdapat endapan air.

Solusi yang bisa dilakukan hanyalah menguras tangki bensin kemudian menggantinya dengan yang baru.Selain itu perlu mengganti filter bensin yang sudah terkena air. Selama pengurasan, Anda juga perlu membersihkan kotoran yang mengendap pada tangki bensin.

5. Setelan Klep Renggang

Setelah klep yang mulai merenggang, dapat menyebaban motor tersendat. Setelan ini merenggang karena masa pemakaian kendaraan. Klep akan merenggang atau bergeser akibat putaran mesin yang terjadi terus menerus.

Hal ini sebenarnya bisa diketahui sejak dini jika Anda rutin melakukan perawatan ke bengkel resmi. Karena teknisi akan menyetel ulang klep sehingga performa motor kembali normal. Namun jika jarang servis, maka penyebab motor brebet bisa jadi karena masalah klep ini.

6. Filter Bahan Bakar Kotor

Filter bensin berfungsi menyaring bahan bakar agar kotoran tidak masuk ke ruang pembakaran. Fungsinya tidak jauh berbeda dari filter udara, jadi komponen ini perlu rajin dibersihkan.

Kotoran yang menumpuk akan membuat suplai bahan bakar tidak lancar. Sehingga pembakaran yang terjadi tak sempurna dan motor akan brebet ketika dinyalakan. Rutin membersihkan filter bensin dan menggantinya adalah solusi terbaik.

7. Fuel Pump Kotor

Fuel pump bertugas memompa bahan bakar masuk ke ruang pembakaran. Ketika komponen ini kotor, maka yang terjadi adalah tekanan bahan bakar bisa terlalu tinggi atau rendah.

Kondisi inilah yang menyebabkan pembakaran juga tidak sempurna. Anda perlu rutin mengecek apakah fuel pump bekerja dengan baik. Sehingga tekanan bensin lebih teratur yang membuat sistem pembakaran pada motor bekerja dengan baik.

Kebanyakan penyebab motor brebet adalah karena kotornya beberapa komponen yang berpengaruh dalam kelancaran ruang pembakaran. Penyebab ini bisa muncul karena tidak rutin servis motor sebagai bagian dalam perawatan.

Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda #hondacare Busi Motor

Berita Terkait