Ada Hewan Yang Tiba-tiba Nyebrang, Harus Bagaimana Waktu Naik Motor?

Publikasi: 25 hari 22 jam 32 menit yang lalu

Konsentrasi adalah hal yang tidak boleh lengah ketika sedang mengendarai motor. Sebab, menjaga dan meningkatkan kewaspadaan merupakan kewajiban tidak tertulis sebagai pengguna jalan. Anda tidak pernah bisa benar-benar menduga yang terjadi di depan. Termasuk pejalan kali maupun hewan seperti ayam, bebek, kambing, anjing, bahkan kucing yang tiba-tiba menyeberang jalan.

Anda hanya memiliki sekian detik untuk mengambil keputusan. Setiap keputusan yang dipilih tentu mengandung risiko tersendiri. Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan ketika menghadapi situasi semacam itu?

Lakukan ini ketika ada hewan yang tiba-tiba menyeberang jalan

Memang, ada tiga kemungkinan yang dilakukan pengendara motor ketika ada hewan yang tiba-tiba menyeberang jalan di depannya. Pertama, menghindarinya. Kedua, melakukan pengereman mendadak. Ketiga, menabraknya. Mana yang paling aman?

1. Lakukan scanning

Yang dimaksud dengan scanning adalah memantau keberadaan hewan yang akan menyeberang jalan dan mencegahnya. Teknik ini antara lain bisa diterapkan ketika menghadapi hewan berukuran relatif kecil seperti unggas, ayam, tikus, kucing, maupun anjing, yang memang biasanya mempan diusir dengan cara membunyikan klakson atau suara geberan gas yang kencang dari motor.

2. Menghindar dengan jarak aman

Sementara itu, jika Anda mengetahui adanya hewan berukuran besar seperti sapi yang hendak menyeberang, maka menghindarlah dengan tetap memperhatikan jarak aman. Apabila akhirnya terjatuh, ikutilah arah jatuhnya. Ketika terjatuh ke kanan, maka ikuti ke arah tersebut. Begitu juga waktu terjatuh ke kiri. Sebisa mungkin Anda berguling ketika terjatuh, untuk menekan efek cedera saat tubuh bergesekan dengan aspal.

3. Hindari rem mendadak

Melakukan pengereman mendadak tak hanya membahayakan keselamatan diri sendiri, tapi juga para pengendara lain yang ada di sekitar Anda. Oleh karena itu, selalu tingkatkan kewaspadaan saat berkendara, terutama di malam hari. 

Meski senantiasa mengutamakan kewaspadaan, sebagai pengendara motor, Anda juga dituntut untuk tetap tenang, tidak mudah panik, dan mampu mengontrol emosi. Jangan lupa juga untuk selalu mengenakan perlengkapan keselamatan berkendara, yang mampu melindungi tubuh dari risiko terjatuh saat menghindari hewan yang menyeberang jalan.

Referensi:

https://www.gridoto.com/read/221606533/lagi-naik-motor-ada-hewan-menyeberang-jalan-hindari-atau-tabrak?page=all

https://oto.detik.com/berita/d-3320678/ada-hewan-tiba-tiba-muncul-di-jalan-apa-yang-harus-dilakukan-pemotor

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Naik Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More