Anti Ngambek-ngembek Club, Begini Cara Mudah Merawat Motor Saat Musim Kemarau

Publikasi: 1 tahun 9 bulan 15 hari 37 menit yang lalu

Sebagai negara yang mempunyai dua musim yakni penghujan dan kemarau, memperhatikan kendaraan di waktu-waktu tersebut merupakan hal penting. Selain bisa membuat motor tetap nyaman untuk digunakan, juga bisa membuatnya lebih awet tanpa ngambek-ngambek club. Jangan sampai lantaran malas melakukan perawatan, kendaraanmu terpaksa pensiun dari jalanan. Atau ketika dikendarai malah ngadat ditengah jalanan, amit-amit ya sobat.

Nah, agar tidak merasakan hal-hal mengerikan itu, berikut beberapa cara sederhana merawat kendaraan saat musim kemarau. Namun, sebelum menuju kesana, perhatikan dua tips terkait menjaga tunggangan tercinta saat musim penghujan.  Pertama, rajin-rajin membersihakan (mencuci). Hal ini lantaran air hujan  mengandung zat asam bisa membuat body kendaraan cepat kusam.

Lalu periksa pada bagian lampu, ban, rantai dan rem, biasanya ketika musim hujan acap kali jadi bagian yang merasakan dampaknya. Sedangkan, untuk musim kemarau berikut ulasannya.

Perihal body motor, begini agar motormu tidak gampang pudar

Kalau disaat peghujan motor harus rajin-rajin untuk dicuci, hal sebaliknya malah berlau ketika menghadapi musim ini. Alansannya sih hampir sama, yakni agar body motor lebih awet. Maksudnya adalah jika terlalu sering terkena sabun dan air, kendaraan bisa cepat kusam. Jadi, ketika motor kalian berdebu akibat cuaca panas, cukup gunakan kemoceng dan lab basah saja. 

Selain hal tersebut, meletakan kendaraan di posisi yang teduh juga jadi solusi dalam mengatasi hal ini.  Seperti telah banyak diketahui saat kemarau datang cuaca akan menjadi sangat terik, dan kondisi itu bisa mempengaruhi cat pada kendaraan. Pasalnya, radiasi sinar ultraviolet (UV) sangat berpotensi merusak lapisan cat, sehingga bisa menjadikan kendaraanmu akan memudar atau bahkan menguning. 

Rajin mengecek komponen-komponen di dalam motor

Selain hal tadi, rajin melihat komponen-komponen di dalam motor juga menjadi cara sederhana menjaga kendaraan tercinta saat musim kemarau datang. Hal ini bertujuan untuk menjaga performa tungganganmu tetap optimal. Salah satu komponen perlu mendapatkan perhatian saat musim ini adalah karburator.

Pasalnya, ketika kemarau suhu panas yang ada, membuat molekul oksigen mudah terurai. Sehingga lebih sulit untuk bercampur bersama dengan bahan bakar. Dengan menyeting ulang bagian itu akan membuat pembakaran di motormu akan lebih bagus. Tidak berhenti di situ saja, komponen filter udara dan saringan bahan bakar juga perlu diperhatikan untuk jadikan kendaraanmu semakin optimal saat hadapi musim kemarau.

Pastikan ban dan rantai selalu dalam kondisi baik

Tips lain dalam merawat kendaraan ketika masuk musim kemarau adalah memastikan tekanan ban motor sudah sesuai standar. Seperti yang telah banyak kita ketahui, akibat suhu panas pada umumnya akan mempengaruhi tekanan angin dalam ban. Alhasil, kenyamanan dalam berkendara sangat mungkin terganggu, atau dampak paling parah menyebabkan ban bisa pecah karena kekurangan isi tapi tetap dipaksa digunakan. 

Selain pada bagian roda, rantai juga perlu mendapatkan perhatian khusus ketika masuk musim kemarau. Hal ini bukanlah tanpa alasannya, pasalnya saat suhu udara tinggi, komponen penggerak tersebut mudah untuk mengiring. Akibatnya kinerja rantai akan berkurang dan tentunya mengeluarkan bunyi-bunyi. Sungguh hal tidak mengenakan bukan, motor sudah kece tapi mengelurakan suara yang tidak merdu sama sekali.

Pilihlah oli yang tepat untuk menghadapi musim kemarau

Seperti beberapa hal tadi, bagian oli pada kendaraan juga perlu diperhatikan saat menghadapi musim kemarau. Alasannya adalah, ketika musim panas volume pelumas mudah bekurang. Dampaknya, tentu langsung bisa ditebak yaitu mempengaruhi performa dan tarikan kendaraan. Maka dari itu, pemilihan oli yang cocok untuk hadapi musim ini sangatlah penting dalam kasus tersebut

Di mana kalian perlu memilih pelumas yang kandungan SEA-nya lebih kental. Hal ini lantaran oli jenis tersebut dapat meminimalisir penguapan. Oli dengan kekentalan yang tinggi kabarnya juga cocok digunakan untuk segala jenis motor.

BACA JUGA:

Itulah tadi sedikit cara mudah bisa kalian lakukan untuk menjaga kendaraan tetap prima, saat masuk musim kemarau. Intinya sih, kalian hanya perlu rutin memperhatikan bagian-bagian rawan dari kendaraan saat masuk musim kemarau. Agar ketika ada masalah segera, bisa perbaiki. Jangan dibiaskan mendunda, karena bisa-bisa motormu membuatmu perlu merogoh kocek dalam untuk perbaikan.

Label : Cari Aman Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More