Apa Beda Tune Up Dengan Service Reguler?

Publikasi: 9 bulan 24 hari 3 jam 4 menit yang lalu

Kata tune up sejatinya agak asing bagi beberapa pemilik kendaraan. Layanan atau model perawatan ini tidak ada di buku servis kendaraan. Lazimnya  untuk perawatan kendaraan sesuai anjuran pabrikan biasanya terdiri dari pengecekan, pergantian komponen, hingga pengencangan baut kendur. 

Ada  juga sejumlah servis paket perawatan atau servis berkala sesuai jarak tempuh atau waktu pakaiLantas posisi dan arti tune up itu sesungguhnya apa sih? Apa yang dilakukan mekanik saat kita, motor kita harus di-tune-up? Apa saja tahapan pengerjaannya? 

Untuk Nyaman & Akselerasi Bertenaga

Dalam Bahasa sederhana tune up berarti menstandarisasi kondisi dapur pacu motor menjadi seperti baru turun dari dealer. Agar  performa bakal membuat nyaman dan akselerasi semakin bertenaga. Sebab selama pemakaian motor, pasti akan terjadi perubahan kualitas maupun kinerja komponen jantung mekanis maupun sistem penggerak motor. 

Bisa jadi dalamannya kotor atau penurunan kualitas yang mempengaruhi performa motor. Pengerjaan Tune up antara lain Pembersihan dengan teknik gurah area ruang bakar khususnya carbon chamber, jalur injektor, throttle body dari kotoran hasil pembakaran.

Dengan begini, area pembakaran  menjadi bersih, otomatis motor sehat, lebih nyaman dan enak dikendarai

Kapan Harus Tune Up?

Jika dilakukan di bengkel resmi, tune up masuk ke dalam rangkaian servis berkala. Prosedur perawatan dan pengerjaannya mengacu pada standar yang telah ditetap di buku servis dari pabrikan, mengatur kembali kondisinya agar tetap prima dengan tujuan memperpanjang usia kendaraan. 

Nah tune up dapat dilakukan kapan pun. Terutama  jika mendapati kendaraan sudah tidak lagi nyaman dikendarai. Misalnya, gas berat, boros bahan bakar, sudah digas tapi larinya loyo, sampai sulit meraih kecepatan puncak. Jadi  pengerjaan tune up tidak terpaku pada periode tertentu seperti pada servis berkala.

Pengerjaannya  tune up terpusat pada setting ulang mesin, tanpa perlu mengecek sistem kelistrikan, pengereman, maupun unsur mekanis lain. 

Kenali Tune Up Besar dan Kecil

Proses tune up  sendiri bisa terbagi atas pengerjaan besar dan kecil. Perawatan yag dijelaskan di atas,  masuk  kategori tune up besar. Biasanya ditambah penggantian busi,  supaya proses pembakaran lebih sempurna, ganti filter udara agar asupan angin lebih bersih, ganti oli, setting pengabutan, hingga engine flush. 

Sementara tune up kecil  biasanya hanya pembersihan busi maupun filter, injector cleaning atau setting karburator kalau misalnya belum injeksi. Tune up tidak terbatas hanya pada sektor mesin, tetapi bisa juga ke masalah transmisi maupun sistem penggerak, yang perlu diatur ulang supaya distribusi tenaga dari mesin ke roda belakang lebih optimal. 

Jangan lupa  untuk selalu melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Service Motor Tips Motor Honda Servis Motor Tips Motor Tune Up Motor

Berita Terkait