Apa Saja Fungsi Filter Oli Pada Motor?

Publikasi: 1 bulan 12 hari 18 jam 47 menit yang lalu

Filter oli motor selama ini dikenal perannya untuk menyaring kotoran agar tidak masuk ke oli. Jadi, oli bisa tetap bersih untuk melumasi komponen-komponen motor. Filter pun harus dibersihkan secara berkala agar fungsinya tetap optimal.

Ternyata sebenarnya, filter oli pada motor pun memiliki beberapa peran yang mungkin tidak Anda sadari selama ini. Ini dia fungsi filter oli di motor kesayangan Anda.

3 Fungsi filter oli pada motor

Secara lebih spesifik, berikut ini tiga fungsi filter oli mesin motor.

• Berperan sebagai penyaring kotoran pada oli mesin, sebelum oli mesin disalurkan ke setiap bagian dalam mesin motor

• Berperan dalam memperlancar suplai oli pada setiap bagian mesin motor. Soalnya dari bak penampung, oli akan disaring oleh filter terlebih dahulu sebelum didistribusikan ke berbagai komponen mesin.

• Berperan dalam merawat komponen mesin, agar tidak aus karena terkena gesekan.

Jenis-jenis filter oli dan cara membersihkannya

Setidaknya ada dua jenis filter oli motor. Masing-masing jenis pun membutuhkan trik tersendiri dalam membersihkannya.

1. Filter kasa

Filter kasa biasanya digunakan pada motor bebek. Untuk membersihkannya, Anda bisa menyemprotkan udara bertekanan tinggi dari kompresor

2. Filter kertas

Sementara itu, filter yang satu ini harus dibersihkan setiap pemakaian motor sejauh 9.000 kilometer. Untuk membersihkannya, mintalah bantuan mekanik dari bengkel langganan Anda.

Tips merawat filter oli

Selain itu, ada tips yang belum tentu sudah diketahui semua pemilik motor. Mungkin Anda juga belum pernah mendengarnya. Bagaimana caranya?

• Selalu bersihkan filter oli setiap ganti pelumas

Jika selama ini Anda masih mengganti pelumas tanpa membersihkan filter oli, saatnya melakukan langkah baru yang lebih sehat untuk motor kesayangan. Jadi mulai sekarang, bersihkanlah filter oli setiap kali pelumas motor diganti.

• Bersihkan filter oli setidaknya sebulan sekali

Perawatan mesin motor memang biasanya dilakukan per tiga bulan atau enam bulan. Namun, lain halnya dengan filter oli. Idealnya, bersihkan filter oli per pemakaian 2.000 kilometer. Namun jika sering berkendara melewati genangan air, bersihkan filter per bulan.

Lebih baik Anda merasa sedikit kerepotan karena harus rutin membersihkan maupun mengganti filter oli, daripada terlambat menyadari kalau bagian ini sudah tidak berfungsi dengan baik. Sebab tanpa perawatan rutin, filter oli malah bisa bikin turun mesin!

Referensi

https://www.otomaniac.com/fungsi-filter-oli/

https://www.idntimes.com/automotive/motorbike/yuda-almerio-pratama-lebang/filter-oli-si-mungil-penentu-umur-sepeda-motor-nasional/3

Label : Tips Motor Honda Filter Oli

Comment

User Comment

Your comment

Load More