Apa Saja Materi Ujian SIM C?

Publikasi: 11 bulan 21 hari 15 jam 52 menit yang lalu

Untuk bisa memperoleh SIM C, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Termasuk ujian teori dan ujian praktik. Ada yang bilang, tes tertulis alias ujian teori lebih sulit dibandingkan ujian praktik. Namun, ada pula yang berpendapat sebaliknya.

Jadi, Anda mesti mempersiapkan diri untuk menghadapi keduanya. Jangan lantas lekas menyerah dan langsung berpikir untuk mencari calo. Sebab, dengan mengetahui kisi-kisinya, tentu Anda bisa lebih tenang dan percaya diri untuk menghadapi ujian tersebut.

Ini kisi-kisi ujian SIM C

Ada tahapan yang bisa dilakukan secara online dalam proses pembuatan SIM C, yaitu dalam hal pengambilan formulir. Selain memperolehnya secara langsung di kantor polisi terdekat, Anda pun bisa mendapatkannya secara online di sim.korlantas.polri.go.id.

Selanjutnya, Anda tinggal mengisi formulir tersebut secara lengkap, mempersiapkan dokumen yang diperlukan, dan mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya, hingga pada ujian teori dan ujian praktik.

1. Materi ujian teori

Ujian tertulis alias ujian teori ini merupakan tes mengenai pemahaman dalam berkendara dan berlalu lintas. Ada 30 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 15 menit. Sebagai batas minimal agar bisa lulus, Anda harus menjawab 21 soal dengan benar.

Ada beberapa sumber, termasuk situr Korlantas Polri yang bisa menjadi referensi atau bahan bacaan menjelang ujian. Kalaupun sampai tidak lulus tahap ujian teori ini, masih ada kesempatan lagi untuk mengikutinya dua pekan berikutnya. Bahkan, biaya pendaftaran Rp100.000 yang sudah Anda bayarkan pun akan dikembalikan.

2. Materi ujian praktik

Nah, jika dinyatakan lulus ujian tertulis, tahap selanjutnya yang harus dilalui adalah ujian praktik. Dalam tahap ini, Anda diberi kesempatan memilih motor matic atau kopling. Ada tiga materi ujian, yaitu:

• Ujian keseimbangan:

Tahap ini menguji kemampuan Anda mengendarai motor dalam kecepatan rendah.

• Ujian ketangkasan:

Pada tahap ini, Anda diminta berkendara melalui lintasan slalom, lintasan angka delapan, dan lintasan putar balik.

• Ujian kecekatan:

Dalam tahap ini, penguji menilai kemampuan Anda dalam mengambil keputusan secara mendadak.

Untuk yang berdomisili di wilayah DKI Jakarta, Anda bisa berlatih di Satpas Daan Mogot setiap hari Minggu, jam 08.00-16.00 WIB. Jangan lupa minta didampingi teman maupun keluarga, untuk memboncengi Anda sampai sana. Soalnya, tidak tersedia motor untuk latihan di lokasi tersebut.

Referensi:

https://www.cekaja.com/info/simak-deretan-tips-soal-tertulis-sim-c-dijamin-lulus

https://oto.detik.com/motor/d-5728176/ujian-praktik-sim-c-di-indonesia-susah-ini-bedanya-dengan-malaysia-dan-jepang

Label : Safety Riding Tips Motor Honda Surat Izin Mengemudi (SIM) SIM Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More