Arti Warna Hitam Dan Putih Pada Asap Knalpot

Publikasi: 5 bulan 4 hari 9 jam 4 menit yang lalu

Kurang memperhatikan perawatan motor tunggangan, bisa menimbulkan masalah teknis pada komponen mesin. Misalnya dari knalpot mendadak  timbul asap tak diundang.  Dan knalpot motor berasap pada motor 4-tak, biasanya menunjukkan indikasi tidak normal pada komponen mesin. 

Sementara untuk mesin 2-tak,  malah  knalpot wajib berasap.  Karena bahan bakar yang masuk ruang bakar campur dengan oli samping. Sementara pada motor 4-tak, asap  warna putih atau hitam bisa jadi pertanda buruk

Warna putih pada knalpot berarti ada masalah pada oli mesin, sementara warna hitam identik dengan pembakaran bahan bakar yang tidak normal. Asap hitam biasanya karena terjadi karena setelan semburan bahan bakar yang tidak sempurna sehingga terlalu boros. Lalu asap putih penyebabnya oli mesin tercampur dengan bahan bakar saat proses pembakaran karena oil seal klep bocor.

Lakukan Pengecekan Rutin

Untuk penanganan asap knalpot berwarna hitam,  perlu dilakukan pengecekan terhadap sistem pembakaran seperti busi, saringan udara, dan injektor.    Sementara asap putih karena oil seal klep bocor harus dilakukan penggantian suku cadang. Jika dibiarkan oli mesin bisa habis dan membuat ring piston, seal klep, dan seher baret. 

Jika keluar asap putih  perlu segera cek busi, kalau kering biasanya knalpot kotor dengan oli dan mesin tidak bermasalah. Kalau basah kemungkinan besar penyebabnya oil seal klep bocor harus mengganti komponen tersebut.

Para pemilik motor  wajib melakukan  pemeriksaan rutin  motor sesuai dengan buku panduan yang sudah didapatkan saat membeli motor. Selain itu, pemakaian oli juga harus sesuai anjuran pabrikan.  Jika sudah terlanjur parah dan knalpot berasap putih, penggantian part-nya bisa memakan biaya sekitar Rp 1 juta untuk satu set piston. Untuk asap hitam tidak sampai Rp 500 ribu.

Karena itu  sebelum keluar tanda-tanda motor berasap  patuhi anjuran untuk melakukan pengecekan secara rutin dengan mengunjungi  bengkel AHASS terdekat, sekaligus lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di  bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Service Motor Cari Aman Tips Merawat Motor Servis Motor #hondacare Knalpot Motor Asap Knalpot

Berita Terkait