Asal-muasal Kabel Gas Motor Bekas Gampang Putus

Publikasi: 30 hari 11 jam 55 menit yang lalu

Keluhan seringnya kabel gas motor bekas putus memang bukan hanya datang sekali atau dua kali. Anda mungkin salah satu korbannya. Nasi belum benar-benar menjadi bubur, kok! Anda tetap bisa mencari tahu penyebabnya dan tidak terus-menerus kecewa.

Buat Anda yang baru berencana membeli motor bekas, terutama yang umurnya di atas 5 tahun, jangan lupa untuk memperhatikan putaran gas. Jangan sampai kabel gasnya gampang putus karena hal-hal yang terlihat sederhana.

Ini penyebab kabel gas motor bekas rawan putus

Hal yang sepertinya sepele dan mungkin cukup lumrah dijumpai pada motor, ternyata bisa memicu kabel gas menjadi gampang putus. Apa saja pemicunya?

1. Lapisan karat

Percaya tidak percaya, adanya lapisan karat pada setang bisa membuat kabel gas motor mudah terputus. Kondisi ini menghambat gerakan kawat pada selongsong gas. Akibatnya, kabel gas pun rentan putus. 

Belum lagi, selongsong gas ini memang terbuat dari bahan plastic yang gampang sobek. Jadi tidak heran, begitu ‘macet’, akan muncul gesekan yang semakin membuatnya mudah terkikis. 

2. Patahnya selang gas

Apabila selang gas patah, pelat di dalamnya akan bergesekan dengan kabel. Hasilnya, kabel gas gampang patah juga. Apalagi kalau ada bagian-bagian yang terlipat. 

3. Terkelupasnya karet

Selain itu, kondisi lain yang juga berisiko membuat kabel gas motor gampang putus adalah terkelupasnya karet pelindung kabel gas. Kalau pelindung ini terangkat atau terkelupas, air jadi begitu mudah masuk ke plat di dalam kabel gas. Kalau sudah begini, pelat jadi gampang berkarat dan membuat kabel tersendat-sendat. 

Bagaimana cara mengantisipasinya?

Ibarat hubungan percintaan yang di ambang batas, Anda tentu harus melakukan cara-cara untuk menjaganya tetap langgeng. Misalnya dengan memberikan perhatian yang lebih intens. Tanpa perhatian tersebut, tak heran kalau akhirnya Anda harus menyandang status jomblo ngenes lagi.

Prinsip serupa juga bisa diterapkan pada ‘hubungan’ Anda dan motor kesayangan. Anda harus rutin melakukan pemeriksaan. Selain itu, untuk menjaga kondisi kabel gas tetap optimal, hangan lupa untuk memberikan pelumas pada motor. 

Selain itu, apabila Anda membeli motor yang sudah lima tahun ke atas, sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk dibongkar dan dibersihkan bagian selongsong gasnya.

Setelah tahu penyebab kabel gas motor putus dan cara mengantisipasinya, sekarang waktunya Anda gas terus!

Referensi

https://www.gridoto.com/read/222615869/kabel-gas-motor-bekas-sering-putus-ternyata-ini-penyebabnya?page=all

https://otoseken.gridoto.com/read/341733631/tali-gas-motor-sering-putus-ini-dia-penyebab-dan-solusinya-sob

Label : Perawatan Motor Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda #hondacare

Comment

User Comment

Your comment

Load More