Awas, Ini Dampak Jarang Ganti Oli Gardan

Publikasi: 5 bulan 3 hari 15 jam 15 menit yang lalu

Ada oli tambahan pada sebuah unit motor matic, yakni oli gardan. Sayangnya, oli yang disebut juga dengan oli transmisi ini kerap diremehkan. Padahal, fungsinya penting juga lho.

Fungsi oli gardan

Oli gardan berfungsi untuk melancarkan kinerja transmisi otomatis. Pada bagian ini, banyak komponen yang saling bergesekan. Bila tidak terlumasi dengan baik, maka akan terdengar suara berisik pada bagian box CVT di bagian belakang. 

Bunyi bising dari dalam box continuosly variable transmission (CVT) akan muncul sebagai tanda bahwa komponen tersebut sudah rusak. Hal ini karena kekentalan oli sudah berkurang. Tambah pula, akan merusak gear ratio. 

Kapan mengganti oli gardan?

Oleh karena itu, penting untuk mengganti oli gardan secara berkala. Namun, kapan kira-kira waktu yang tepat untuk mengganti oli gardan?

Idealnya, oli transmisi sebaiknya diganti setiap 12 ribu km atau 12 bulan sekali. Apabila pemakaian berat atau selalu dipakai jarak jauh, lebih bagus jika durasinya dipercepat. 

Biasanya, perbandingan 2:1 diterapkan. Maksudnya, penggantian oli transmisi dilakukan setelah dua kali ganti oli mesin.

Jadi, jangan lupa mengganti oli gardan secara berkala. Biaya kerusakan yang dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan umumnya lebih mahal jika dibandingkan dengan kebiasaan rutin mengganti oli.

Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Cari_Aman Oli Gardan

Berita Terkait