Ban Depan Belakang Memang Beda Ukuran

Publikasi: 22 hari 15 jam 47 menit yang lalu

Pasti pernah memperhatikan, ukuran ban motor bawaan pabrik pasti berbeda, antara ban depan dengan ban belakang. Contohnya motor matik dengan pelek 14 inci, ban depannya lebih kecil dengan ukuran 80/90 sedangkan ban belakang 90/90.

Beda ukuran ban motor antara depan dan belakang sesungguhnya memang telah diperhitungkan untuk menunjang kenyamanan berkendara.

Ukuran ban depan motor biasanya yang lebih kecil. Ini bertujuan untuk memudahkan handling kemudi saat manuver. Selain itu, biasanya memang beban lebih dominan di belakang, jadi ban belakang motor disematkan ukuran lebih besar’

Oleh karena itu, jika ingin menganti ban motor, lebih baik sesuaikan dengan ukuran standar  agar tidak memengaruhi kelincahan dan handling motor.

Sesungguhnya sah-sah saja apabila pemilik motor mengganti ukuran ban depan menjadi lebih besar dari ukuran standar. Tetapi  jangan kaget,  jika itu akan menyebabkan handling kemudi menjadi sedikit lebih berat dibanding sebelumnya.

Biasanya, pemilik kendaraan motor,  mengganti ban depan ke ukuran lebih besar, semata-mata  untuk alasan yang mengarah agar tampilan motor terlihat lebih bergaya. Boleh-boleh saja sih. Tapi pertimbangkan juga alasan kepraktisan dan kemudahannnya. 

Jika berniat mengganti ukuran ban,  sebaiknya  konsultasikan ke mekanik di bengkel AHASS. Lakukan juga pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor  termasuk ban tetap bisa bekerja secara optimal. 

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.***

Service Motor Servis Motor Ban Motor

Berita Terkait

Ini  Ban Motor Yang Aman Saat Musim Hujan

29 November 2023 - administrator

Ban Juga Butuh Perhatian

04 Mei 2023 - administrator