Begini Adab Berkendara Di Gang Sempit

Publikasi: 1 tahun 2 bulan 1 hari 11 jam 48 menit yang lalu

Berkendara dengan motor, pasti  sekali waktu bakal melewati gang sempit. Entah karena sengaja menghindar macet di jalan utama,kemudian mencari alternatif  jalan  dan menemukan gang  sempit.

Ketika mengendarai sepeda motor di jalan yang sempit, jelas tingkat kesulitan dalam berkendara pun menjadi lebih fokus dan berhati-hati. 

ini  adab dan tips berkendara sepeda motor di jalan yang sempit! 

Pastikan Berjalan di Kiri

Usahakan posisi motor ketika berkendara di gang yang sempit berada di sisi kiri. Dengan posisi begini, akan mempermudah pengendara sepeda motor lainnya yang melaju di jalan yang sama serta dari arah yang berlawanan. 

Perhatikan Jarak Kendaraan

Menjaga jarak ketika berkendara adalah hal yang penting bagi keselamatan pengendara maupun keselamatan para pengguna jalan lainnya. 

Berbagai bentuk jalan yang mengharuskan pengendaranya untuk menjaga jarak adalah jalan yang seperti turunan, tanjakan dan belokan. Dengan selalu memperhatikan jarak berkendara akan membantu pengendara terhindar dari kecelakaan motor yang disebabkan tabrakan.

Mendinginkan Sistem Pengereman 

Apabila kendaraan berhadapan dengan jalanan yang sempit, tanjakan, turunan ada baiknya pengendara mendinginkan kendaraannya terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan dengan motor. 

Apabila tidak mendinginkan sistem pengereman rem dapat terbakar dan membuat fungsi pengereman menjadi terganggu serta membuat rem menjadi blong.

Kontrol Kecepatan 

Ini syarat wajib berjalan di gang. Jika tidak mengontrol kecepatan,masyarakat sekitar pasti berang.  Dan Anda bakal kena sambit sandal.

Gunakan Lampu 

Umumnya pada beberapa jalan yang sempit tidak memiliki penerangan yang maksimal, sehingga jarak pandang pengendara pun menjadi terbatas. 

Maka dari itu pastikan kendaraan mempunyai lampu sepeda motor yang baik atau sesuai standar, agar bisa digunakan di jalan sempit.

Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Berkendara Aman WahanaHonda Berkendara Di Gang Sempit

Berita Terkait