Begini Cara Bikin Motor Lebih Irit

Publikasi: 1 tahun 10 bulan 25 hari 1 jam 11 menit yang lalu

Harga Pertamax per 1 April 2022 naik. Dari sebelumnya Rp 9.000 sampai Rp 9.400 per liter berubah menjadi Rp 12.500 sampai Rp 13.500 per liter.  Jika tadinya dengan uang  sebesar Rp 30.000 bisa  isi  full tank. Sekarang  hanya bisa mengisi untuk 2 liter saja.

Ini saatnya menjaga kendaraan motor milikimu lebit irit  dalam pengguaan bahan bakar. Memang ada sebagian motor yang sudah diseting irit dari pabrikan, namun tak sedikit juga motor yang sangat boros dalam penggunaan bahan bakar. Nah bagaimana cara mengakali motor menjadi lebih irit.

Perlu diketahui, ada beberapa bagian motor yang perlu di-setting agar tidak terlalu banyak makan BBM. Jika tidak bisa dilakukan sendiri,  bawalah motor ke bengkel dan mintalah untuk mengatur beberapa bagian di bawah ini: 

Pengaturan karburator

Pada sepeda motor sistem karbu, bagian ini merupakan part penting untuk membuat motor irit. Pasalnya di bagian inilah BBM akan ditampung sebelum akhirnya menjadi bahan pembakaran. Pada bagian karbu terdapat pelampung yang memiliki fungsi sebagai pengatur sedikit banyaknya bensin yang masuk ke bagian reservoir.

Dengan mengatur pelampung yang sempit, bensin yang akan masuk semakin sedikit. Secara otomatis motor jadi lebih irit. Akan tetapi, jika dalam pengaturannya terlalu sempit, maka justru motor akan tersendat-sendat karena kekurangan pasokan BBM yang seharusnya terpenuhi. Maka pengaturan pada bagian ini harus dilakukan secara teliti dan presisi.

Atur Gas

Saat berkendara,  sangat tidak dianjurkan untuk menggeber gas secara mendadak. Karena jika gas  ditarik secara mendadak, bahan bakar yang masuk dalam proses pembakaran didalam mesin juga akan semakin banyak. Hal tersebut akan membuat motor anda lebih boros.

Amati Klep

Dalam proses pembakaran yang menghasilkan kekuatan mesin ketika berjalan, klep punya peranan sangat penting. Semburan dari bahan bakar sebelum diolah menjadi tenaga mesin,  awal mulanya berasal dari bagian klep ini. 

Untuk membuatnya menjadi irit, bisa diatur kerapatan klep. Atur saja pada posisi yang memungkinkan klep masih bisa menyemburkan bensin secara ideal. Namun  jangan terlalu rapat, karena bensin tidak akan menyembur yang mengakibatkan motor malah tidak bisa berjalan.

Perhatikan Oli

Penggunaan oli  ikut mempengaruhi motor menjadi lebih irit. Fungsi oli  sendiri adalah sebagai pelumas yang mampu membuat gesekan antar bagian pada mesin menjadi lebih mudah. Dengan menggunakan oli berkualitas, gesekan yang terjadi bisa di minimalkan, sehingga setiap bagian pada mesin akan dapat bekerja lebih optimal.

Selain itu, harus  diperhatikan pula waktu pergantian oli. Pasalnya oli sendiri hanya bisa berfungsi maksimal untuk menempuh jarak tertentu. Pada umumnya, standar penggantian oli wajib dilakukan saat motor sudah menempuh jarak kurang lebih 1.500 hingga 2.000 km.

Lihat Bagian Busi 

Busi  pun memiliki peranan penting dalam membuat motor lebih irit. Penggunaan busi berkualitas akan mampu membuat proses pengapian dan pembakaran pada kendaraan motor lebih maksimal. Sehingga memungkinkan untuk lebih mebuat  penggunaan BBM menjadi lebih irit

Beberapa faktor di atas bisa dicoba untuk membuat motor lebih irit. Dan kamu tidak terlalu terbebani dengan  naiknya  harga BBM yang semakin mahal.

Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda

Berita Terkait