Begini Cara Memilih Model Sarung Tangan

Publikasi: 10 bulan 21 hari 23 jam 40 menit yang lalu

Fungsi sarung  tangan motor  sesungguhnya sama pentingnya dengan helm atau perlengkapan berkendara motor lainnya. Sarung tangan selain berguna untuk melindungi kulit tangan dari teriknya sinar matahari maupun air huan yang dingin, dapat berfungsi mengurangi resiko cedera yang bisa dialami tangan akibat  kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Terbukti, jika sarung tangan memiliki fungsi penting  saat berkendara adalah dengan terlihat banyaknya model sarung tangan yang ditawarkan  di pasaran. Ada banyak model yang digunakan  untuk para pemotor sport  maupun model yang pas digunakan untuk harian. Bahan dan fitur dari sarung tangan tersebut juga beragam.

Praktis, Tapi Bahaya 

Sarung tangan dengan model half  (setengah) biasanya sering digunakan untuk harian. Sarung tangan model ini tidak melindungi bagian jari-jari, melainkan hanya bagian telapak dan punggun tangan. Sarung tangan dengan model half tersebut sesungguhnya sangat berbahaya apabila digunakan dalam kecepatan tinggi, sebab cedera yang ditimbulkan bisa sangat berbahaya, terutama untuk bagian tangan yang tidak terlindungi.

Berbeda  dengan sarung tangan model full, ia  akan melindungi keseluruhan jari tangan  dan bisa mencegah jari terluka akibat tergesek aspal saat terjadinya kecelakaan. Yang perlu diperhatikan  dalam meilih sarung  tangan adalah tidak hanya faktor model saja, melainkan juga faktor lain seperti fitur atau bahan dari sarung tangan yang digunakan.

Nah, untuk mengetahui bagaimana memilih sarung tangan motor yang tepat,  Simak penjelasan di bawah ini  

Sesuai Dengan Budget

Cara memilih sarung tangan motor yang  pertama,  adalah  sesuaikan dengan budget tersedia. Jangan terlalu memaksakan untuk membeli sarung tangan dengan harga yang mahal. 

Saat ini sudah banyak sarung tangan motor yang terjangkau dengan kualitas sangat baik, bahkan beberapa di antara merek yang memproduksinya sudah melakukan ekspor produk mereka ke luar negeri.

Model yang Tepat

Sebenarnya,  soal model sangat tergantung, namun yang perlu diingat, model sarung tangan harus disesuaikan dengan motor yang akan dikendarai. 

Sarung tangan model half akan terasa tidak gerah ketika digunakan, beda halnya dengan model full yang akan membuat tangan cepat berkeringat saat digunakan dalam waktu lama.

Tapi, keunggulan dari sarung tangan model full adalah akan melindungi tangan Anda lebih baik. Hal ini sangat penting apabila Anda mengendarai motor berjenis sport atau motor dengan kapastias mesin besar. Tentu tidak ada yang ingin celaka di jalan, namun setidaknya model sarung tangan ini bisa menekan risiko cedera apabila menggunakan jenis sarung tangan full.

Perhatikan Perlindungan Ekstra 

Banyak sarung tangan motor yang sudah dilengkapi dengan perlindungan tambahan baik di bagian punggung tangan atau bagian telapak. Hal ini akan memberi keuntungan lain ketika terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Salah satunya mencegah keretakan tulang tangan akibat benturan keras ke aspal. Selain itu, bagi adanya padding di bagian telapak tangan akan meningkatkan kenyamanan ketika tangan harus menggenggam gas berjam-jam, serta mencegah tangan mendapat getaran berlebihan. Itulah mengapa, pastikan jika sarung tangan memiliki perlindungan tambahan. 

Bahan Kuat dan Nyaman 

Biasanya bahan sarung tangan motor terbuat dari kulit, gore-tex, hingga neoprene. Memang, tiap bahan yang digunakan memiliki masing-masing kelebihan. Apabila Anda menggunakan bahan sarung tangan kulit, maka jenis sarung tangan tersebut sangat nyaman digunakan karena memiliki kelenturan yang baik, mampu menahan gesekan, serta sangat awet.

Akan tetapi, bahan kulit memiliki kekurangan yaitu mudah membuat tangan menjadi gerah ketika digunakan berkendara di musim panas. Beda halnya dengan kain gore-tex yang lebih anti air serta neoprene yang mampu menjaga tangan tetap hangat. Yang terpenting, pastikan sarung tangan nyaman ketika Anda gunakan.

Ukuran Wajib Pas

Mungkin cara memilih sarung tangan motor sama halnya seperti ketika akan memilih helm. Diperlukan kehati-hatian terutama pada segi ukuran.

Supaya nyaman  dipakai untuk waktu yang lama, , ada baiknya pilih sarung tangan motor yang sesuai dengan ukuran tangan. Akan tetapi, pas tidaknya ukuran sarung tangan tergantung dengan bahan sarung tangan yang digunakan. Anda harus memastikan jika ujung jari tidak terlalu tertekan saat posisi tangan sedang mengepal. Sebab hal tersebut akan mengganggu gerakan saat Anda menggenggam gas.

Cari Aman Safety Riding Model Sarung Tangan Sarung Tangan

Berita Terkait