Begini Loh Cara Nyuci Motor Secara Mandiri

Publikasi: 5 bulan 8 hari 12 jam 45 menit yang lalu

Mencuci  motor tidak selalu harus membawanya ke tempat pencucian. Sesungguhnya merawat  motor bisa  juga dilakukan secara mandiri di rumah.

Selain lebih hemat, perawatan motor sendiri jauh lebih mudah dan tidak memerlukan banyak biaya ketimbang perawatan  kendaraan roda empat.

Ini  beberapa  jenis perawatan motor yang bisa kami lakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke bengkel: 

Siapkan Kanebo Kotor & Bersih 

Sebelum mulai mencuci motor, siapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan Seperti kanebo kotor dan kanebo bersih, sampo khusus untuk motor, air mengalir, sikat gigi untuk membersihkan area yang sulit dijangkau

Gunakan Sabun Khusus

Penggunaan sabun khusus sangat dianjurkan karena kesalahan  memilih sabun, dan alat pembersih lainnya,  dalam jangka panjang akan membuat warna cat motor terlihat kusam dan banyak muncul baret halus

Jangan menggunakan sabun colek karena bisa membuat pelumas atau grease di bagian bawah cepat rontok. Bagian karet-karet juga cepat rusak jika dicuci menggunakan sabun colek.

Mesin Dalam Suhu Rendah

Sebelum membilas motor dengan air, pastikan area mesin, knalpot, rem dan part-part lain dalam suhu rendah, jika tidak besi akan mengalami kontraksi termal.

Besi atau logam panas yang langsung terkena air dingin akan mengalami kejutan termal yang bisa merusak logam atau besi. Memang dampaknya tak langsung terlihat. Tapi jika hal ini terjadi berulang-ulang dan dalam jangka waktu yang panjang konsekuensinya bisa merusak komponen mesin bagian luar dan dalam.

Gunakan Standar Tengah

Hal ini bertujuan untuk membuat posisi motor lebih stabil dan memudahkan menjangkau bagian bawah motor.

Bawah Dulu, Baru Atas

Bersihkan bagian bawah motor seperti velg, swing arm, hingga ban terlebih dahulu. Jangan menggunakan sabun colek karena bisa membuat pelumas atau grease di bagian bawah cepat rontok. Bagian karet-karet juga cepat rusak jika dicuci menggunakan sabun colek.

Setelah bagian bawah dibersihkan, siram dengan air mengalir hingga kotoran yang menempel berjatuhan.

Setelah selesai membersihkan bagian bawah, bisa dilanjutkan dengan membersihkan bagian atas seperti body motor, lampu-lampu, setang, spion, dan sebagainya. Sebagai pengingat, hindari mencuci motor di bawah paparan sinar matahari langsung karena bisa merusak cat.

Bilas Dengan Air Bertekanan Rendah

Bilas seluruh bodi motor dengan air bertekanan rendah. Langkah ini dilakukan untuk menyeka atau membersihkan kotoran yang menempel pada bodi. Jika langsung dicuci tanpa dibilas terlebih dahulu, dampaknya kerikil atau pasir yang melekat bisa menempel di kain lap atau spons sehingga menyebabkan goresan di bodi motor.

Air bertekanan tinggi bisa merusak atau menggeser posisi komponen motor yang tak kuat menahan tekanan tinggi.

Gunakan Kain Berbeda

Gunakanlah kain atau spons berbeda untuk membersihkan bagian atas dan bawah sepeda motor. Hal ini bertujuan untuk menghindari kotoran atau pasir menempel pada kain sehingga bisa menggores bodi motor.

Usahakan cuci bagian atas atau bodi motor terlebih dahulu, kemudian baru cuci bagian bawah motor dengan kain berbeda. Bersihkan dengan hati-hati bagian lensa lampu, panel dan komponen plastik lainnya agar tidak terjadi goresan pada permukaannya.

Bilas dan Keringkan

Setelah yakin telah seluruh bagian luar motor sudah bersih, bilas dengan air bertekanan rendah untuk menghilangkan sisa sabun atau busa yang menempel untuk menghindari terjadinya noda atau bercak pada bodi dan komponen motor. Setelah dibilas, keringkan dengan kain lap halus seperti microfiber agar bodi tidak baret.

Jangan lupa untuk melumasi rantai roda dan gear setelah proses pencucian dan pengeringan motor, hal ini bertujuan agar part tersebut dapat bekerja dengan maksimal.

Cukup mudah mencuci motor sendiri dirumah, selain motor harus rajin dicuci, jangan lupa juga untuk rajin melakukan pemeriksaan dan perawatan secara rutin di bengkel terdekat untuk memastikan kondisi motor tetap prima.

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Cuci Motor Tips Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More