wanda

Berkendara Aman Di Panas Terik, Berikut Adalah Trik Dan Tipsnya

Publikasi: 22 hari 7 jam 48 menit yang lalu

Ban merupakan salah satu komponen yang sangat pentig pada sebuah sepeda motor. Dengan menggunakan ban sepeda motor bisa berjalan seperti yang kita lihat sehari – hari. Selain itu ban juga merupakan satu – satunya permukaan yang bersentuhan dengan jalan raya. Dengan fakta tersebut tentunya ban merupakan komponen yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan. 

Dengan keseimbangan yang terjaga kita akan lebih mudah dalam menjalankan kendaraan kita.Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai karakteristik ban yang aman untuk berkendara dan tips aman untuk mengecek kondisi ban yang layak untuk kita gunakan. 

Jadi jangan kemana – kemmana setelah artikel kali ini kalian akan mendapatkan informasi berharga terkait dengan ban. 

Fungsi Ban Pada Kendaraan Sepeda Motor

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa ban adalah satu – satunya objek yang bersentuhan dengan jalan pada kendaraan bermotor. Dan tentunya ban juga memiliki beberapa fungsi dan kegunaan lainnya, di sini kita juga akan mengetahui beberapa kegunaan dan fungsi apa saja yang dilakukan oleh ban. 

Oke kita langsung saja lihat nih bro apa saja fungsi dari ban:

• Sebagai perantara yang mengantarkan kekuatan mesin ke jalan raya. 

• Meredam benturan yang terjadi dengan jalan raya yang mungkin jelek, selain shock breaker, ban juga melakukan peredam walaupun dengan jumlah yang cukup kecil. 

• Berfungsi sebagai alat yang memiliki daya cengkeram terhadap jalan, sehingga tidak terjadi selip di jalan. 

• Menjaga keseimbangan sepeda motor dengan baik. 

• Memastikan sepeda motor berjalan dengan baik.

Seperti itu kira – kira fungsi dari ban untuk kendaraan sepeda motor. Selanjutnya adalah bagaimana sih cara mengecek ban agar tetap layak jalan dan juga karakteristik ban seperti apa yang baik untuk kendaraan sepeda motor? 

Tentunya bro sekalian ingin mengetahui hal tersebut bukan? Oke deh kita akan bahas selanjutnya mengenai ban dan karakteristiknya.

Karakteristik Ban Yang Aman

Sebagai komponen yang sangat penting ada baiknya untuk mengetahui kondisi karakteristik ban yang terbaik. Sebelum berkendara tentunya salah satu hal yang harus dicek tentunya adalah kondisi ban. Saat melakukan checking kondisi berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan lebih matang dan lebih teliti. 

1. Tekanan Ban 

Sebelum bepergian menggunakan sepeda motor, hal yang pertama harus dilakukan terkait dengan ban adalah cek tekanan ban. Sangat penting bagi kita untuk melakukan hal ini, jika tekanan ban tidak sesuai dengan standar tentunya akan menyebabkan beberapa hal yang memiliki efek negatif. Pertama, kondisi ban kempis akan lebih cepat merusak ban lebih cepat, kedua, keseimbangan saat berkendara akan menjadi berkurang. Hal ini bisa berakibat fatal karena kamu bisa terpeleset saat berkendara dengan sepeda motor. 

Untuk menambah tekanan ban sangat disarankan untuk melakukan di beberapa tempat yang memiliki standar tekanan yang baik. Pengisi tekanan ban yang baik biasanya diukur dengan alat yang bisa menunjukkan tekanan dengan satuan psi, biasanya di stasiun pengisian bahan bahar tersedia beberapa layanan tersebut. 

2. Berat Berlebihan

Nah ini sering terjadi di Indonesia, terutama pada saat perjalanan mudik dengan membawa berbagai barang bawaan yang banyak. Ban, memiliki karakteristik berupa berat maksimal yang bisa diterima, tentunya ada batas tertentu yang aman. Dengan memperhatikan hal ini tentunya kamu akan lebih memahami karakteristik ban yang kamu miliki. 

Paling tidak yang perlu diingat adalah selama sepeda motor digunakan oleh 2 orang, dan tidak terlalu membawa barang bawaan yang berlebihan, akan aman. 

3. Alur Ban 

Selanjutnya karakteristik ban yang aman adalah dengan alur yang masih tebal. Biasanya pengecekan fisik dilakukan untuk mengetahui apakah alur ban masih bagus atau sudah halus sehingga perlu diganti. Semakin halus alur ban akan semakin berbahaya untuk digunakan. Dengan alur ban yang halus daya cengkeram akan berkurang dengan drastis sehingga kamu perlu mengganti ban dengan yang baru. 

Segera ganti dengan ban yang baru jika memang alur ban sudah halus karena akan sangat berbahaya untuk menggunakan sepeda motor yang memiliki alur ban yang halus, bisa – bisa kamu akan terpeleset dan terjatuh. 

4. Cek Kondisi Ban 

Yang dimaksud dengan kondisi ban tentunya adalah kondisi fisik. Walaupun alur ban sudah dicek dalam kondisi yang bagus, terkadang kita menemukan kerusakan dini yang terjadi pada ban. Salah satunya adalah ban yang sobek terkena paku, atau benda tajam lainnya. 

Pengecekan ini sangat berguna, karena jika kondisi ban yang rusak dipaksa untuk tetap dipakai kamu akan membahayakan diri sendiri, bahkan pengguna jalan lain, pastikan untuk tetap cek selalu kondisi ban apakan ada kerusakan atau tidak. 

Demikian mengenai karakteristik ban yang aman digunakan untuk berkendara yang bisa kamu simak nih bro. Jadi tolong sebelum berkendara dengan menggunakan sepeda motor cek terlebih dahulu karakteristik ban yang kamu miliki ya?

Label : Motor Honda Terbaru Perawatan Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha

Comment

User Comment

Your comment

Load More