Berkendara Aman : Ini 5 Bagian Bawah Motor Yang Perlu Diperhatikan

Publikasi: 1 tahun 9 bulan 28 hari 19 jam 17 menit yang lalu

Kondisi jalan   di Jakarta  bahkan di seluruh daerah  di Indoensia kadang cukup memprihatinkan. 

Bisa dibilang hampir di setiap ruas jalan terdapat lubang yang ”siap” mencelakakan, jika kita tak waspada saat melintasinya. 

Kalau terpaksa secara tak sengaja terperosok berkali-kali, ada beberapa komponen yang patut diwaspadai karena rentan rusak.  Kalau terus-terusan kena lubang sudah pasti timbul masalah, terutama bagian kaki-kaki. 

Terlebih, jika  ini terjadi di saat jalanan di musim hujan, pasti  lebih  tidak ramah lagi. Gejalanya macam-macam, mulai setir terasa oleng sampai timbul muncul bunyi-bunyian di bagian kaki-kaki. 

Jika mulai muncul gejala tersebut, coba cek komponen-komonen berikut ini: 

1.Ban 

Sering terkena lubang di posisi yang sama, mengakibatkan ban benjol atau membuat permukaannya tidak rata. 

2. Pelek 

Ini bakal bermasalah jika terus-terusan terbentur. Obat sementara, yang pakai pelek jari-jari sebaiknya disetel pelek. Sedangkan pengguna pelek racing, di-press. 

Perhatikan seksama untuk pengguna pelek racing, jika sudah parah biasanya ada bagian yang retak dan wajib diganti! 

3. Laher as roda 

Termasuk salah satu yang sering jadi "penyakit" setelah terkena lubang. Laher aus karena benturan dan membuat posisi roda tak presisi. 

4. Komstir

 Beranjak ke atas, ada komstir yang menyerap benturan dari daerah kaki. Biasanya laher komstir aus dan membuat setang terasa berat dan mendikte. 

5. Sokbreker 

Daya redam sudah tidak maksimal akibat oli tidak pernah diganti. Seringnya bekerja secara ekstrem karena benturan adalah salah satu faktor utama. Penggantian oli sokbrekrer disarankan paling tidak setiap 12.000 km.

Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda #hondacare

Berita Terkait