wanda

Berkendara Di Tengah Kabut Asap Apa Yang Harus Dilakukan

Publikasi: 26 hari 8 jam 44 menit yang lalu

Kabut asap yang terjadi di beberapa daerah Sumatra dan Kalimantan memang sangatlah parah. Berminggu – minggu saudara kita yang berada di sana terkena musibah yang sangat sulit untuk ditangani ini. Mereka harus melakukan kegiatan sehari – hari ditengah pekatnya kabut asap yang menyelimuti mereka. Tentunya hal ini bukan merupakan hal yang baik untuk kita semua. 

Apalagi sebagai pengguna sepeda motor, kabut asap ini merupakan penghalang yang sangat besar saat berkendara dengan menggunakan sepeda motor di jalan raya. Sebenarnya bukan hanya sepeda motor melainkan semua kendaraan pun juga mengalami hal yang sama, yaitu terganggu dengan kabut asap yang pekat. 

Kabut asap berdampak juga pada lalu lintas, berikut ini adalah beberapa dampak yang terjadi dari segi lalu lintas dan keselamatan berkendara:

• Mengurangi jarak pandang optimal

• Otomatis akan mengurangi konsentrasi dalam berkendara baik untuk pengendara roda dua maupun kendaraan lainnya.

• Mengganggu kesehatan pengendara dan pengguna jalan raya. 

Bagi kau bro yang memang harus terpaksa bekendara di tengah kabut asap dengan menggunakan sepeda motor tetap harus menjaga keselamatan berkendara ya? Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk berkendara di tengah kabut asap. 

Jangan Paksakan Berkendara Sendiri Dengan Sepeda Motor 

Jika memang kondisi jarak pandang tidak memungkinkan untuk berkendara lebih baik untuk tidak memaksakan diri. Akan lebih baik jika kamu menggunakan fasilitas transportasi umum saat kondisi kabut asap memburuk. Jika memang harus terpaksa berkendara dengan menggunakan sepeda motor pastikan untuk tetap pada kecepatan yang aman. 

Dengan jarak pandang yang terbatas, jarak pengereman juga akan terbatas juga. Jadi akan lebih baik jika kamu memacu kendaraan kamu di batas kecepatan aman atau tidak terlalu kencang.

Masker Adalah Teman Baik Kamu Bro!

Ya, untuk kabut asap tentunya kita tidak bisa menghindarkan peralatan yang disebut dengan masker. Asap yang keluar ini tentunya akan sangat mengganggu pernapasan kamu, terlebih untuk kamu yang menggunakan sepeda motor. 

Selalu gunakan masker yang sesuai dengan anjuran dari badan atau Lembaga kesehatan pemerintah dan selalu gunakan dimana saja apalagi saat berkendara dengan menggunakan sepeda motor. Masker akan membantu kamu mengurangi paparan udara kotor atau asap yang masuk ke dalam sistem pernapasan. 

Selain itu masker adalah sebuah peralatan berkendara kendaraan sepeda motor yang wajib digunakan juga jika kamu ingin menerapkan safety riding. Jadi jangan lupa pakai masker bro dan sis!

Tingkatkan Konsentrasi Dan Kewaspadaan

Mengendarai sepeda motor membutuhkan tingkat konsentrasi yang sangat tinggi dan juga kewaspadaan yang lebih dalam kondisi apapun. Namun saat keadaan penuh kabut asap tentunya akan lebih berbahaya karena jarak pandang yang terbatas. Satu – satunya cara dan tips aman berkendara di tengah kabut asap adalah dengan meningkatkan konsentrasi dan juga kewaspadaan kamu nih bro. 

Dengan meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi kamu akan lebih bisa dengan cepat tanggap memperhatikan keadaan yang ada di sekitarnya. Pastikan untuk tetap berada di batas kecepatan yang wajar jangan terlalu cepat memacu sepeda motor kamu. 

Jangan Nyalakan Hazard

Apa itu hazard? Lampu hazard adalah sebuah lampu darurat berupa lampu sein kanan – kiri yang bersamaan dinyalakan. Kenapa jangan menyalakan lampu ini? Pertama lampu ini dinyalakan dalam keadaan darurat misal kendaraan kamu macet atau mogok di tengah jalan. Biasanya memang sepeda motor tidak menggunakan lampu yang satu ini, tapi tetap ada beberapa orang yang memasangnya. 

Alasan kedua kenapa jangan menyalakan lampu ini adalah karena bisa menimbulkan kebingungan. Beberapa orang yang melihat lampu ini sering mengira bahwa lampu ini digunakan karena mobil berhenti, jadi akan membuat kaget pengendara yang ada di belakang yang menyebabkan hal yang tidak diinginkan. Sebisa mungkin untuk hindari penggunaan lampu yang satu ini. 

Jadi informasi mengenai berkendara di tengah kabut asap sudah selesai. Sebisa mungkin untuk mengurangi berkendara di tengah kabut asap karena dengan jarak pandang yang dimiliki akan sangat berbahaya bagi diri kamu dan juga pengendara lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan juga jangan lupa share artikel ini ya?

Label : Perawatan Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha

Comment

User Comment

Your comment

Load More