Bingung Velg Jari-jari Cepat Penyok?

Publikasi: 1 bulan 18 jam 16 menit yang lalu

Anda terkejut karena tidak pernah memeriksa kondisi velg jari-jari motor, dan tiba-tiba melihatnya dalam kondisi penyok? Sebenarnya, ada empat alasan yang bisa membuatnya penyok. Mungkin Anda memang selama ini tidak menyadarinya.

Hal pertama yang berisiko mengakibatkan velg cepat penyook adalah tekanan angin ban. Sementara itu, kondisi kedua yang juga berpotensi merusak velg adalah beban yang berlebihan. Ini penjelasan lengkapnya untuk Anda. Yang ketiga berkaitan dengan ukuran ban motor, dan yang terakhir perkara pemasangan ban serta velg.

4 Penyebab velg jari-jari bisa penyok

Jika Anda termasuk yang kurang berhati-hati dalam berkendara dan sering ‘menghajar’ lubang di jalanan, velg memang bisa cepat penyok. Namun, dua hal berikut ini pun dapat menjadi penyebabnya.

1. Tekanan angin ban yang kurang

Kalau ban kurang angin, istilahnya jadi tidak membal saat dipakai berkendara. Alhasil, velg yang jadi korbannya. Apalagi ketika motor melewati jalanan yang rusak dan berlubang. Apalagi, ban juga sebenarnya berfungsi untuk meredam benturan pada motor.

2. Beban yang berlebihan

Kalau Anda sering berkendara dengan membawa beban yang kelewat berat, velg jenis jari-jari pada motor kesayangan pun menjadi cepat penyok. Bahkan bukan mustahil, jari-jarinya malahan patah.

3. Ukuran ban yang tidak sesuai

Penyebab lain yang seharusnya sudah bisa Anda tebak adalah pemakaian ban dengan ukuran yang tidak sesuai. Misalnya, jika ban motor dimodifikasi dan akhirnya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan velgnya. Pilihan terbaik adalah dengan tetap memakai ban sesuai ukuran standar pabrikan. Jika memang Anda ingin melakukan modifikasi, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan mekanik, untuk mengetahui rekomendasi serta risikonya.

4. Pemasangan ban dan velg secara kurang hati-hati

Dalam kondisi darurat, Anda mungkin pernah menggunakan jasa di pinggir jalan untuk menambal ban. Biasanya di sana, peralatan yang dipakai kurang memadai untuk memasang ban serta velg motor. Akibatnya cat velg bukan hanya saja bisa terkelupas, melainkan juga velg itu sendiri jadi penyok.

Nah, setelah mengetahui penyebab yang membuat velg vari-jari pada motor jadi penyok, Anda kini bisa menghindarinya.

Referensi

https://www.gridoto.com/read/222462345/bukan-cuma-lubang-dua-hal-ini-bikin-pelek-jari-jari-cepat-peyang?page=all

https://moladin.com/blog/velg-motor-bengkok/

Label : Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Tips Motor Velg Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More