Busi Mudah Aus? Berikut Penyebab Sampai Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menggantinya

Publikasi: 4 tahun 5 hari 16 jam 4 menit yang lalu

Secara umum, apabila sebuah motor tidak memiliki busi terpasang di mesinnya, maka sudah barang tentu akan membuatnya tidak dapat berjalan. Busi sendiri berfungsi sebagai pengubah tegangan listrik yang dihasilkan menjadi percikan api dan kemudian dapat menjadi pembakar udara yang telah bercampur dengan bahan bakar yang mana setelah itu dikompresi untuk menggerakkan mesin.

Namun tidak seperti oli atau bagian eksternal lain yang ada di motor, terkadang pengguna sepeda motor lalai atau justru sedikit acuh terhadap keberadaan busi. Tidak jarang dari mereka justru mengabaikan dan tidak melakukan pengecekan atau penggantian yang semestinya.

Oleh karenanya, cukup sering pengguna motor mengalami kejadian di mana motor yang mereka kendarai mogok di tengah jalan dan bingung mencari penyebabnya. Nah, berikut ini adalah apa yang akan terjadi apabila busi bermasalah dan kapan waktu yang tepat untuk menggantinya.

Penyebab busi mudah aus

Walaupun kecil, akan tetapi busi memiliki peranan penting bagi kendaraan bermotor termasuk sepeda motor. Namun ada kalanya busi menjadi cepat aus walaupun baru saja diganti. Penyebab pertama adalah dikarenakan pemasangan kepala busi ke dalam lubangnya kurang tepat yang mengakibatkan jalur ulirnya rusak. Dikarenakan jalur ulir rusak, maka busi menjadi kurang tepat dan kencang terpasang. Oleh karena itu, maka motor menjadi kurang bertenaga dan membuat busi cepat mati. 

Penyebab kedua adalah terjadinya kebocoran pada kompresi mesin yang menyebabkan tekanan pada combution chamber berkurang drastis. Penyebab ketiga adalah ada korsleting pada jalur pengapian.

Apa yang bakal terjadi jika busi bermasalah

Tentu saja, ketika busi bermasalah maka percikan api yang dapat membakar bahan bakar dan dikompresikan menjadi tenaga akan hilang. Ketika tenaganya sudah hilang, maka otomatis motor tidak dapat dinyalakan lagi. Efek negatif kedua adalah performa dari motor menjadi menurun drastis, termasuk di sisi kecepatannya. Dan hal lain yang dapat terjadi apabila busi bermasalah adalah permasalahan dapat merembet ke komponen mesin lainnya dan dapat membuat sistem kelistrikan rusak secara permanen.

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti busi?

Memang tidak aturan pasti kapan harus mengganti busi. Akan tetapi disarankan untuk mengganti busi ketika motor sudah menempuh jarak sejauh 6 ribu kilometer atau dua kali mengganti oli.

Bagaimana? Sudah mengertikan apa penyebab busi mudah aus sampai dengan kapan waktu yang tepat untuk menggantinya, bukan?

Wahana Makmur Sejati Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Wanda Tips Motor Honda Tips Saat Hujan Wahana Honda WahanaHonda

Berita Terkait