Cara Melihat Pelat Motor Palsu Dengan Mata Telanjang

Publikasi: 4 bulan 10 hari 6 jam 24 menit yang lalu

Di masa pandemi, ada begitu banyak penawaran motor second dengan harga yang miring. Apakah Anda termasuk yang sering mendapatkan tawaran langsung via WhatsApp dari orang-orang terdekat, atau malah juga Googling karena memang sedang mencari motor bekas?

Selain spek, ada yang harus Anda perhatikan ekstra hati-hati, yaitu pelatnya. Ini penting agar tidak mendapatkan motor hasil kejahatan, yang nantinya malah ikut membawa Anda berurusan dengan hukum.

Bagaimana cara mengidentifikasi pelat motor palsu?

Ternyata secara kasat mata, Anda jug bisa mengidentifikasi pelat motor palsu. Ini beberapa cara mudahnya dengan mengenali tanda-tanda pelat motor palsu. 

1. Lihat material

Meski sekilas terlihat sama dengan yang asli, tetap ada perbedaan pada pelat motor palsu. Tak seperti yang asli, pelat motor palsu terbuat dari besi atau seng non Samsat.

2. Perhatikan posisi angka dan huruf

Jarak antarangka maupun antarhuruf pada pelat palsu tidak ideal, tidak seperti pelat asli dari Samsat. Pada pelat palsu, jarak tiap huruf maupun angka bisa terlalu dekat, atau malah kelewat jauh. Font-nya juga bukan standar pelat Samsat. 

3. Cari garis putih

Di pelat asli dari Samsat, Anda bisa menemukan garis putih di dekat pelat nomor. Selain itu, pola dan tulisannya pun jelas.

Sanksi bagi pengguna pelat nomor palsu

Dengan memiliki motor sesuai dengan prosedurnya, termasuk menggunakan pelat dari Samsat, Anda sudah turut andil dalam mematuhi peraturan perundangan di Indonesia. Tentu saja ada sanksi yang menanti bagi pengguna pelat motor palsu.

Pelat nomor yang tidak dikeluarkan oleh Korlantas Polri, dianggap tidak sah dan tidak berlaku. Penggunanya harus bersiap menghdadapi ancaman pidana kurungan maksimal dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000. Ketentuan ini mengacu pada Pasal 39 ayat (5) Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkapolri) Nomor 5 Tahun 2012).

Tidak perlu mencari seribu satu cara untuk mengelabui petugas dengan menggunakan pelat motor KW super alias yang sangat mirip dengan aslinya. Percuma saja. Soalnya, petugas kepolisian di lapangan sudah sangat berpengalaman dalam mengidentifikasinya. 

Referensi

https://www.motorplus-online.com/read/252749540/terbongkar-cara-tahu-pelat-nomor-motor-palsu-begini-caranya?page=all

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/29/124100015/jangan-pakai-pelat-nomor-palsu-bisa-dipenjara-atau-denda-rp-500.000

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Plat Motor Palsu

Comment

User Comment

Your comment

Load More