Cara Menghindari Microsleep Ketika Berkendara

Publikasi: 1 bulan 3 hari 17 jam 27 menit yang lalu

Mengantuk atau ketiduran sesaat (microsleep) ketika berkendara sangatlah berbahaya karena rentan menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, Anda harus selalu menjaga kondisi tubuh agar selalu fit dan selalu waspada ketika berkendara khususnya ketika bepergian ke tempat yang jauh. Selain menjaga kondisi tubuh ternyata ada beberapa cara menghindari microsleep ketika berkendara lainnya yang perlu Anda ketahui.

Hal ini sangat penting agar Anda terhindar dari berbagai marabahaya namun tetap dapat menikmati perjalanan dan selamat sampai tujuan. Microsleep ini memiliki beberapa gejala seperti menguap, mata terasa berat dan lainnya. Namun, Anda bisa mengatasi hal ini dengan menerapkan cara menghindari microsleep terutama ketika melakukan perjalanan jauh yang ada di bawah ini yaitu:

1. Mengajak Teman Atau Anggota Keluarga

Cara menghindari microsleep yang pertama adalah selalu membawa teman atau anggota keluarga. Pastikan juga teman seperjalanan ada yang bisa membawa kendaraan yang ditumpangi agar dapat menyetir bergantian. Hal ini tidak hanya berlaku untuk pengendara mobil tapi juga pengendara motor. 

Selain itu, pastikan untuk selalu ngobrol dengan teman Anda untuk menghindari ngantuk. Cara lainnya adalah dengan memasang musik yang Anda sukai dengan volume yang sedikit kencang. Hal ini akan membantu Anda untuk tetap fokus selama di jalan.

Jika kebetulan tidak ada yang bisa menggantikan, maka segeralah menepi di area parkir milik fasilitas umum dan beristirahatlah sejenak. Walaupun Anda lebih lama sampai tujuan, tapi cara ini lebih baik daripada nanti terkena kecelakaan karena microsleeping.

2.Istirahat

Cara yang kedua adalah beristirahat setiap 2-3 jam sekali berkendara. Anda bisa berhenti di warung makan, pom bensin, mini market, masjid dan lainnya. Pastikan untuk tidak berhenti di tempat sepi yang bukan lingkungan penduduk untuk menghindari risiko lainnya.

3. Mengonsumsi Minuman Yang Mengandung Kafein

Cara menghindari microsleep yang terakhir adalah mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. Dua minuman ini memiliki kandungan kafein yang dapat menjaga Anda agar tetap melek. Namun, kafein pada kopi lebih banyak daripada teh sehingga Anda akan terjaga lebih lama setelah meminumnya.

Itulah 3 cara menghindari microsleep yang perlu Anda ketahui ketika bepergian. Dengan mengetahui hal ini Anda tidak perlu khawatir lagi akan microsleep dan dapat berkendara dengan aman sampai tujuan.

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More