wanda

Cek Peralatan Safety Berikut Ini Sebelum Berkendara Di Musim Hujan

Publikasi: 29 hari 7 jam 52 menit yang lalu

Musim hujan terkadang memang selalu ditunggu – tunggu oleh banyak orang, tapi jika musim hujan datang tentunya juga menjadi sebuah hal yang cukup menyulitkan bagi para pengendara sepeda motor. Tidak seperti berkendara menggunakan mobil, saat hujan turun tentunya sepeda motor akan kehujanan dan basah kuyub. 

Selain itu saat hujan terutama saat hujan yang sangat lebat, berkendara dengan sepeda motor juga tergolong berbahaya dengan jalan basah, licin, dan rawan untuk terpeleset bagi pengendara sepeda motor. Untuk itu sebaiknya kamu harus lebih memperhatikan kondisi fisik, kondisi sepeda motor, dan juga perlengkapan tambahan yang dibutuhkan. 

Nah, apasih peralata safety yang cukup berpengaruh dan harus digunakan sebelum kamu berkendara di musim hujan. 

Yuk, coba cek peralatan keamanan dan juga hal yang harus diperhatikan saat ingin berkendara di musim hujan.

Jas Hujan Keren 

Nggak keren juga nggak papa sih asalkan esensi dan fungsinya juga sama yaitu melindungi badan dari air hujan. Peralatan yang satu ini sangatlah penting untuk kamu miliki. Dengan menggunakan jas hujan kamu akan lebih nyaman dalam berkendara. Misal tidak kedinginan, tidak basah, dan juga tidak kesusahan dalam berkendara di tengah hujan lebat. 

Berbeda saat kamu tidak menggunakan jas hujan, yang ada kamu akan bisa terkena masuk angin atau sakit. Nah, pastikan juga untuk jas hujan yang model individu, jas hujan model ponco tidak dianjurkan untuk digunakan karena terbilang sangat sulit untuk digunakan dan mengganggu keleluasaan berkendara sepeda motor.

Cek Ban Sepeda Motor 

Ban sepeda motor adalah komponen penting kendaraan yang harus dicek secara berkala terlebih di kondisi cuaca yang ekstrem dalam kasus ini adalah musim penghujan. Saat musim hujan tiba tentunya jalan akan basah kena air hujan yang sedikit banyak menyebabkan jalan menjadi lebih licin dari biasanya. 

Mengecek ban sepeda motor menjadi sebuah keharusan. Dengan mengecek kondisi ban apakah masih layak jalan, kita sudah berusaha untuk mempraktekkan keselamatan berkendara. Jika memang ban sudah halus lebih baik segera ganti ban dengan yang baru agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 

Cek Fungsi Lampu Kendaraan Sepeda Motor

Saat hujan kita keadaan pencahayaan menjadi sangat penting terlebih untuk kendaraan sepeda motor dan roda dua. Peraturan pun menyebutkan bahwa kendaraan roda dua harus menyalakan lampu selama 24 jam penuh apalagi saat hujan. 

Pada saat hujan datang tentunya akan keadaan juga ikut mendung yang berarti kondisinya akan lebih gelap dari pada biasanya, untuk itu penggunaan lampu ini sangatlah vital. Jadi akan lebih baik jika kamu cek lampu kendaraan sebelum berkendara di musim penghujan. 

Cek lampu depan, kemudian cek lampu belakang, setalh itu cek lampu rem, dan sebagainya. Semakin teliti dalam pengecekan akan semakin baik. 

Pengereman Sepeda Motor 

Sebenarnya bukan hanya saat hujan melainkan juga setiap saat kamu perlu cek sistem pengereman sepeda motor kamu. Sistem pengereman tentunya adalah komponen utama sepeda motor yang harus selalu dalam kondisi yang prima. Saat hujan pengereman juga harus diperhatikan, teknik pengereman saat hujan juga merupakan skill yang harus dilatih karena sistem pengeremannya terbilang cukup berbeda dengan kondisi biasa. 

Kamu hendaknya segera mengecek pengereman sepeda motor kamu apakah berfungsi dengan baik atau kurang maksimal, jika terasa kurang maksimal segera perbaiki sebelum melakukan perjalanan terlebih di musim penghujan. 

Jadi demikian beberpa peralatan yang harus dipersiapkan dan juga dicek sebelum berkendara saat hujan. Di saat hujan kamu juga perlu memperhatikan kesehatan fisik kamu sebelum berkendara, dengan kesehatan yang kurang prima bisa menyebabkan kamu akan kehilangan konsentrasi, jadi ada baiknya jika kamu juga memperhatikan keadaan fisik kamu terlebih dahulu. 


Label : Motor Honda Terbaru Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha

Comment

User Comment

Your comment

Load More