Etika Berkendara Sepeda Motor Di Jalan Raya Agar Selamat

Publikasi: 4 tahun 4 bulan 3 hari 23 jam 34 menit yang lalu

Kebiasaan kita sehari – hari tentunya merupakan sesuatu hal yang sering tidak kita sadari termasuk dalam berkendara dengan menggunakan sepeda motor. Mengendarai sepeda motor sebenarnya sama dengan kita melakukan kegiatan lain, seperti bergaul, mengobrol, bekerja dan lain – lain. Seperti halnya dengan kegiatan sehari – hari kita tentunya mengendarai sepeda motor memiliki etika yang harus diperhatikan. 

Ada banyak perilaku dan juga etika dalam berkendara menggunakan sepeda motor agar kita juga bisa menerapkan kebiasaan berkendara dengan selamat. Nah, di kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai etika berkendara dengan menggunakan sepeda motor di jalan raya yang mungkin bisa kamu lakukan agar selamat dan aman dari kejadian yang tidak diinginkan. 

Beberapa kebiasaan ini perlu kita latih sekarang juga karena secara tidak sadar sebenarnya kita sering melakukan beberapa kesalahan dan etika buruk secara tidak sadar. Oke langsung saja kita menuju ke pembahasan satu persatu berikut ini. 

Penggunaan Klakson 

Memang penggunaan klakson pada kendaraan bermotor entah itu mobil dan sepeda motor sangatlah berguna, tapi jika digunakan tidak semestinya menjadi sebuah permasalahan yang cukup pelik juga. Paling ideal penggunaan klakson adalah sebagai peringatan dan tidak digunakan untuk situasi yang terlalu dekat. 

Misalnya kita lebih baik menggunakan klakson dibelakang kendaraan lain bukan di sebelah nya persis. Penggunaan klakson yang berlebihan juga akan menyebabkan kesalahpahaman yang bisa terjadi antar sesama pengguna jalan bro. Jadi lebih baik untuk lebih bijak dalam menggunakan klakson kendaraan bermotor ya?

Lampu Sein Bukan Merupakan Hiasan Belaka

Nah, hal yang satu ini adalah sebuah etika yang cukup buruk bagi pengendara sepeda motor khususnya. Pasti banyak kan cerita sepeda motor yang tiba – tiba belok tanpa adanya lampu sein atau penanda kan? Tanpa tidak sadar mungkin kita semua juga pernah melakukannya bro. 

Jadi mulai sekarang kita harus biasa kan nih agar lebih aman dalam berkendara, kita sebaiknya selalu memberikan lampu penanda belok atau lampu sein saat akan melakukan belok, bisa jadi sekitar 200 meter sebelum berbelok. 

Memotong Jalan Secara Mendadak 

Iya tahu kita semua biasanya tergesa – gesa dikejar waktu misal telat ngantor atau telat kuliah mungkin tapi bukan berarti itu jadi alasan untuk memotong jalan secara mendadak apalagi tanpa aturan. Bro, keselamatan nyawa kamu lebih penting bro, jadi perhatikan baik – baik kendaraan disekitar mu dan jangan sekali – kali memotong jalan secara mendadak. 

Bukan hanya kamu yang mengalami bahaya tapi pengguna jalan lain ikut merasakan dampak dari etika berkendara kamu. Biasakan untuk selalu fokus dan konsentrasi dalam berkendara, tidak usah terburu – buru dan juga tidak usah terlalu tergesa – gesa, mending telat sedikit daripada harus mempertaruhkan nyawa di jalan raya. 

Sabar Sebagian Dari Ibadah Bro Dan Sis!

Salah satu permasalahan dari pengendara sepeda motor adalah kesabaran. Di kota besar sudah biasa terjadi yang namanya kemacetan terlebih di jam – jam berangkat kerja dan pulang kerja. Nah, ketidaksabaran membuat logika para pengendara sepeda motor ini hilang. Ada yang menggunakan trotoar misalnya dan juga ada yang sembarangan klakson, dan sebagainya. 

Semua ini terjadi karena ketidaksabaran kita dalam mengatasi kemacetan yang terjadi. Dengan etika yang baik, kita paling tidak berpikir jernih, dengan tetap sabar dan tenang dalam kondisi macet, kalau bisa malah mencari solusi misalnya jalan alternatif lain kemudian juga berhenti sejenak untuk istirahat dan lain – lain. Bukankah sabar juga merupakan sebagian dari iman bro?

Nah, itu dia etika berkendara yang bisa kamu terapkan agar tetap aman dalam berkendara. Etika ini akan membuat kita lebih tenang berkendara di jalan raya, sehingga kita juga bisa menerapkan berbagai upaya untuk mewujudkan aman dan keselamatan berkendara di jalan raya. 

Motor Honda Terbaru Perawatan Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Wahana Ritelindo

Berita Terkait