Fungsi Penting Ring Baut Pembuangan Oli Mesin

Publikasi: 3 bulan 20 hari 12 jam 1 menit yang lalu

Mungkin sekilas, kelihatannya ini sepele. Pernah memperhatikan ring yang menempel pada baut pembuangan oli mesin motor? Nah,  ternyata komponen ini punya fungsi sangat vital loh.

Jika ring  baut pembuangan oli sampai ketinggalan untuk dipasang, bisa  menimbulkan masalah gede, yakni  bisa bikin oli mesin yang baru dimasukan kembali keluar.

Karena sejatinya, fungsi  dari ring washer pada baut pembuangan oli mesin itu  ternyata memang untuk mencegah oli mesin rembes keluar. Jika ring baut pembuangan tidak pernah diganti,  oli mesin pasti bisa rembes melalui lubang pembuangan oli mesin.

Ketimbang diakalin dengan misalnya, memberi seal tape pada baut pembuangan oli mesin, lebih baik ring washer pada baut diganti saja dengan yang baru. Apalagi, harganya juga tidak mahal paling cuma seribu - dua ribu rupiah

Apabila motor  tidak memakai ring washer pada baut pembuangan oli mesin, juga berpotensi merusak crankcase. Terutama, pada saat mengencangkan baut jalur pembuangan oli mesin, maka bisa membuat crankcase jadi retak

Dan buntutnya, oli mesin tetap rembes meskipun sudah pakai ring washer baru dan seal tape.

Jadi meski kelihatannya sepele, ring pada baut pembuangan oli mesin motor ternyata fungsi penting. Jika oli mesin kalian kerap rembes dari lubang baut pembuangan, coba cek kondisi ring washernya.

Nah, untuk menjaga motor dalam kondisi nyaman dibawa bergendara, sebaiknya  tetap merawat motor secara rutin. Jadwalkan perawatan di bengkel AHASS. Lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor termasuk ban tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.*

Service Motor Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Servis Motor Oli Mesin Baut Pembuangan Oli

Berita Terkait