Gimana Sih, Cara Pasang Gantungan Helm Di Motor Matic?

Publikasi: 7 bulan 24 hari 6 jam 3 menit yang lalu

Motor matic emang enak dibawa ke mana-mana sih, termasuk buat antar-jemput gebetan ke tempat kerjanya. Anda ga mungkin dong, membiarkan gebetan ga pakai helm? Gebetan Anda mau sih, pakai helm, tapi apesnya, Anda lagi yang harus membawa pulang helm tersebut. Kalau begini caranya, motor Anda butuh gantungan helm.

Walaupun motor matic Anda sudah dilengkapi dengan bagasi, ada kalanya gantungan helm ini tetap diperlukan. Soalnya, bisa saja bagasi tersebut telah penuh dengan barang-barang bawaan, termasuk jas hujan. Begitu pula motor lain yang belum dilengkapi gantungan helm.

Cara Memasang Gantungan Helm

Anda bisa mencoba memasang gantungan helm sendiri di rumah, tak perlu ke bengkel. Soalnya kalau dilihat-lihat, hal ini ga darurat-darurat banget buat dibawa ke bengkel, kan? Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Sebisa mungkin lah, dikerjakan di rumah dulu.

Ini dia panduan memasang gantungan helm sendiri:

  • Beli gantungan helm aftermarket. Anda juga bisa menemukannya di e-commerce.
  • Siapkan obeng plus (+).
  • Buka jok motor.
  • Perhatikan posisi dua baut plus di bagian depan pinggir bagasi jok.
  • Lepas kedua baut.
  • Jepit gantungan helm dengan baut.
  • Atur posisi gantungan helm agar pas dan kencangkan.
  • Cobalah untuk menggantung helm.
  • Jika sudah bisa, tutup jok motor.

Pentingnya Gantungan Helm

Gantungan helm memang ukurannya kecil dan mungkin dianggap merepotkan untuk menggunakannya. Alhasil, tak jarang para pengguna motor malah memilih untuk menggantungkan helm mereka di spion. Ga percaya?

Coba saja lihat parkiran perkantoran, mal, ruko, bahkan pasar. Sepuluh jari tangan rasanya ga cukup buat menghitung banyaknya helm yang diletakkan begitu saja di spion. Padahal, hal ini bisa merusak spion, tentu saja. 

Beban helm yang lumayan berat itu, bisa membuat kaca spion goyang, kendur, bahkan lepas. Itu baru dari sisi kaca spion. Bagaimana dari sisi si helm sendiri? Kalau hanya ditumpangkan di spion, helm rentan jatuh dan terguling. Bukan cuma kotor dan baret, helm juga dapat rusak gara-gara ini.

Oleh karena itu, gunakanlah gantungan helm, demi keamanan. Jadi, Anda pun sekaligus bisa menjaga usia helm lebih lama.

Referensi

Label : Cari Aman Tips Motor Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More