Hati-hati, Ini Pertanda Kampas Kopling Motor Matic Menipis

Publikasi: 2 tahun 7 bulan 28 hari 19 jam 56 menit yang lalu

Motor skuter matic alias skutik, memanfaatkan continuously variable transmission (CVT) untuk menggerakkan roda belakang. Bukan berarti motor matic yang satu ini tidak memiliki kopling. Sebenarnya, motor matic tetap mempunyai kopling. Hanya saja, bentuknya tidak sama dengan komponen yang ada di motor manual dan motor bebek.

Komponen lain yang tak kalah pentingnya pada motor matic Anda adalah kampas kopling ganda. Bagian ini berguna dalam menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang. Nah, mengingat pentingnya peran kampas tersebut, Anda pun harus menjaganya agar tidak aus. Salah satu caranya adalah dengan memahami tanda-tanda kampas kopling motor yang mulai aus.

Ciri-ciri kampas kopling motor sudah aus

Ada beberapa tanda yang tidak boleh Anda abaikan dari motor matic, karena sebenarnya hal tersebut menjadi ciri-ciri menipisnya kampas kopling. Berikut ini beberapa di antaranya. 

1. Getaran dari CVT

Tanda pertama yang penting untuk diperhatikan adalah munculnya getaran dari bagian CVT. Getaran bisa timbul karena kampas yang menipis sehingga tidak menempel dengan sempurna pada wadah kopling.

2. Akselerasi awal yang menjadi berat

Tanda lainnya yang bisa menjadi ciri kampas kopling ganda mulai menipis alias aus adalah akselerasi motor yang berat ketika pertama-tama dikendarai. 

Cara memerika kondisi kampas kopling motor matic

Apabila merasakan salah satu dari tanda di atas, tak ada salahnya untuk memeriksa kondisi kampas kopling motor matic kesayangan Anda. Yang pertama kali bisa Anda lakukan sendiri sebelum membawanya ke bengkel adalah dengan melihat jarak tempuh motor. Biasanya, kampas kopling memang akan aus setelah motor menempuh jarak 24.000-35.000 kilometer.

Cara lainnya tentu dengan membawanya ke bengkel. Mekanik akan membongkar CVT untuk melihatnya. Dengan langkah ini, kondisi kampas kopling bisa dengan mudah terlihat. Nah, kalau memang sudah aus, maka kampas kopling harus diganti dengan yang baru. Kampas bisa dikatakan aus jika ukurannya sudah berkurang bahkan 1 milimeter saja dari ukuran standarnya.

Penggantian tersebut membutuhkan biaya sekitar Rp100.000-400.000 untuk suku cadangnya, di luar tarif pemasangan oleh mekanik.

Referensi

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/13/090200915/ciri-kampas-kopling-motor-matik-mulai-menipis

https://www.gridoto.com/read/222368048/kalau-sudah-muncul-gejala-begini-tanda-kampas-ganda-harus-diganti?page=all

Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor CVT Motor Kopling Motor Kampas Kopling

Berita Terkait