Hemat BBM Dimulai Dari Perawatan Rutin

Publikasi: 11 bulan 21 hari 10 jam 56 menit yang lalu

Slogan Hemat BBM menjadi vital,  bukan sekadar kata-kata, tetapi harus bisa diterapkan dalam kegiatan sehari-hari. Soalnya, jika tidak hemat BBM maka biaya hidup yang dikeluarkan juga pasti akan semakin membumbung.

Di jaman kini, banyak model kendaraan yang sudah dilengkapi dengan teknologi untuk hemat BBM, tapi hal itu tidak cukup untuk membuat BBM lebih hemat. Para pengendara lah yang  sebaiknya lebih  tahu bagaimana membuat pemakaian BBM menjadi efisien.

Satu-satunya cara untuk menghemat adalah dengan memastikan sepeda motor kita dalam performa yang prima.Dengan menjaga sepeda motor dalam kondisi prima, pembakaran yang terjadi bisa efisien. Konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih irit.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar motor selalu prima sehingga tidak boros BBM:

1. Rawat busi 

Busi merupakan salah satu komponen terpenting untuk pengapian pada kendaraan bermotor.

Busi memiliki fungsi memercikan bunga api untuk membakar udara dengan bahan bakar.

Jika pembakaran dalam kondisi sempurna, tenaga yang dihasilkan akan lebih optimal dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

Ketika busi tak terawat, kinerjanya akan menurun. Salah satu penyebabnya adalah penumpukan  kotoran sisa pembakaran di ujung elektroda, sehingga busi tidak dapat menimbulkan api yang besar, menyebabkan kurang sempurna tenaga mesin yang tidak optimal.

2. Rutin Bersihkan & Ganti Filter fuel Pump

Pengendara sering lupa membersihkan dan mengganti filter fuel pump saat melakukan perawatan sepeda motor. 

Komponen tersebut yang membuat proses aliran bahan bakar ke ruang pembakaran tetap sempurna dan sesuai dengan kebutuhan kinerja mesin. 

Asupan bahan bakar yang sesuai akan membuat kinerja mesin lebih optimal.

Bahan bakar yang biasa di isi oleh SPBU tidak mejamin kondisinya bersih seratus persen terhindar dari benda asing, ditambah dengan tangki bensin motor juga tidak sepenuhnya.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan dari kotoran yang menempel pada filter fuel pump akan membuat aliran bahan bakar ke ruang pembakaran tidak terganggu. Sehingga tenaga yang dihasilkan mesin tidak akan berkurang.

3. Rawat Injektor

Di Indonesia kini sudah banyak beredar kendaraan dengan teknologi injeksi, khususnya pada sepeda motor. 

Perawatan injektor pada kendaraan dapat dilakukan jika pengendara melakukan perawatan dan pemeriksan rutin ke bengkel.

Merawat injektor motor sebenarnya tidak sulit. Diantaranya adalah dengan mengisi bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan dan mengupayakan tangki bahan bakar tidak sering kosong.

Injektor yang dalam kondisi baik akan membuat proses pengkabutan bahan bakar diruang pembakaran tetap sempurna sehingga tidak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia.

4. Bersihkan Filter Udara 

Filter udara, menjadi salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan. Jika kondisinya selalu dalam kondisi bersih dan baik akan membuat aliran udara ke ruang pembakaran menjadi optimal, sehingga proses pembakaran tetap sempurna.

Hal ini karena saat proses pembakaran, sistem injeksi atau karburator akan membutuhkan udara yang bersih, dan itu didapat berkat hasil penyaringan udara melalui filter udara. Namun, jika filter udara kotor tentu berimbas pada proses pembakaran di dalam mesin.

Selain membuat mesin jadi tidak bertenaga, kondisi tersebut dapat merusak komponen mesin jika dibiarkan dalam waktu yang lama.

5. Perhatikan rantai/CVT

Rantai/cvt menjadi salah satu bagian yang harus selalu diperhatikan oleh pengendara. Keberadaannya sangat memengaruhi kualitas berkendara selama di jalan dan merupakan salah satu bagian yang cukup vital bagi kendaraan.

Merawat dan menjaga kondisi akan membuat usia pemakaiannya jadi lebih tahan lama. Selain itu, proses transfer tenaga dari mesin ke roda belakang tetap optimal.

Jika kondisi rantai/cvt tak terjaga kondisinya, bisa menghambat proses transfer tenaga ke roda belakang. Akibatnya performa mesin akan menurun.

Kondisi rantai/cvt yang tak terawat dapat membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros dan menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya.

6. Cek Daya Cengkram Ban 

Ini komponen yang cukup vital pada sebuah kendaraan. Dengan ban lah, sepeda motor dapat bergerak menyusuri jalan. Kenali daya cengkramnya.  agarAnda selamat di dalam perjalanan

Selain menjadi penunjang keamanan dan kenyamanan berkendara, kondisi ban juga memengaruhi konsumsi bahan bakar. Hal itu diakibatkan oleh daya cengkram ke aspal yang tak sempurna atau bobot berlebih dan tak sesuainya ukuran ban sesuai anjuran pabrik.

Kondisi ban yang tak terawat dapat mengakibatkan tekanan angin yang berkurang, berkurangnya daya cengkram ke permukaan jalan hingga mudah slip saat berkendara. Penggunaan tenaga yang tersalur ke roda belakang menjadi tak optimal.

Untuk menjaga komponen sepeda motor dalam keadaan baik maka perlu dilakukan perawatan berkala sesuai buku panduan agar penggunaannya bisa berjalan dengan optimal.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat motor agar hemat dalam menggunakan BBM. 

Jangan lupa  untuk  selalu melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin  di bengkel AHASS terdekat, agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan  pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Ban Motor Injector Cleaner CVT Motor Busi Motor Busi Hemat BBM

Berita Terkait

Ban Depan Belakang Memang Beda Ukuran

02 Februari 2024 - administrator

Ini  Ban Motor Yang Aman Saat Musim Hujan

29 November 2023 - administrator