Wahana Honda

Hindari Kelebihan Oli Pada Motor Kalau Tidak Ingin Kendaraanmu Rusak!

Publikasi: 5 bulan 12 hari 22 jam 6 menit yang lalu

Sepeda motor merupakan alat transportasi pribadi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Seiring berkembangnya zaman, sepeda motor sudah digunakan sebagai transportasi umum, misalnya ojek. Dipilihnya motor sebagai alat transportasi pribadi yang favorit bukan tanpa alasan, yaitu fleksibel dan dibanderol dengan harga lebih murah dibandingkan mobil.

Ada banyak jenis motor yang dijual di pasaran, salah satunya motor matic. Berbagai pabrikan otomotif ternama pun merilis berbagai motor matic untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, salah satunya Honda. Produsen asal negeri Sakura ini merilis motor Honda matic terbaru dengan desain yang elegan dan berkelas sehingga memunculkan kesan mewah bagi para pengendara.



Pentingnya Menghindari Kelebihan Oli pada Motor

Perawatan motor memang jauh lebih mudah dan murah, tapi ternyata masih banyak saja orang yang mengabaikan hal ini. Akibatnya, performa motor pun menjadi tidak maksimal dan sering kali mengalami kerusakan. Motor yang rusak bisa diakibatkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah oli.

Nah, pada kesempatan kali ini kita juga akan meberikan informasi seputar perawatan sepeda motor yang berkaitan dengan cairan pelumas atau oli. Cairan ini banyak digunakan pada setiap mesin tidak terkecuali mesin sepeda motor. Memiliki kegunaan untuk melapisi mesin sehingga gesekan antar komponen mesin dapat berkurang, oli berperan penting bagi setiap kendaraan, termasuk motor. Oli akan membuat suhu mesin menjadi lebih stabil dan tidak over-heat.


Namun ternyata, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengganti oli, yaitu takaran yang pas. Banyak yang tidak tahu jika kelebihan oli dapat menimbulkan efek tidak baik pada mesin. Apakah saja itu? Berikut ulasannya.

  • Kualitas oli jadi menurun
    Secara logika, jumlah oli yang banyak justru akan memasok oli dengan kualitas baik. Namun ternyata, hal ini salah. Faktanya, kelebihan oli malah akan berdampak pada penurunan kualitas. Pasalnya, saat mesin bekerja akan menimbulkan gelembung- gelembung pada genangan oli, lalu bertabrakan dengan weight balance. Dalam takaran normal, seharusnya oli hanya untuk melapisi tidak perlu menggenangi. Jika oli menggenangi mesin, oli justru akan mudah keruh dan membuat kualitasnya menurun.
  • Menghambat kinerja mesin
    Meski fungsi utama oli adalah melumasi mesin sehingga kinerja menjadi ringan karena minim gesekan. Namun, jika oli berlebihan justru akan menghambat kinerja mesin. Karakter oli yang memiliki kekentalan yang konsisten dan dalan volume berlebih justru akan menimbulkan hambatan pada mesin. Dengan demikian, kinerja mesin justru akan terasa berat. Tidak heran jika takaran oli yang berlebihan akan membuat performa sepeda motor Anda menjadi melempem. Jadi, mulai sekarang hindari kelebihan oli pada motor ya agar tidak membuat motor Honda matic terbaru kesayanganmu mengalami kerusakan.

Jadi, kelebihan oli pada motor memang memberikan dampak negatif. Oleh karena itu, pentingnya menghindari hal tersebut terjadi jika Anda tidak ingin kendaraan kesayangan mengalami penurunan performa. Ingat, oli atau pelumas memiliki peran penting bagi sepeda motor sehingga Anda harus selalu memperhatikan kondisinya.

Perhatikan jumlah takaran oli untuk setiap jenis motor. Dengan mengetahui hal di atas, Anda akan lebih berhati-hati lagi dalam merawat motor supaya tidak mudah rusak. Ingat, merawat motor adalah suatu keharusan untuk menjaga performanya tetap maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!


Label : Mesin Mesin Mesin

Comment

Your comment
Load More