Hindari Naik Motor Dengan Pakai Sandal, Ini Alasannya

Publikasi: 1 bulan 13 hari 5 jam 58 menit yang lalu

Sepatu adalah alas kaki yang ideal bagi pengendara motor, karena dapat membungkus kaki dengan sempurna. Jadi, kaki Anda bisa terlindung dari berbagai hal yang berbahaya. Apa jadinya jika berkendara dengan memakai sandal?

Meski praktis, pemakaian sandal untuk naik motor malah akan mendatangkan berbagai risiko untuk Anda. Oleh karena itu mulai sekarang, kumpulkan lebih banyak niat agar tidak mager menggunakan sepatu sebelum berkendara.

Apa risikonya kalau naik motor dengan memakai sandal?

Ada kalanya pengendara motor membawa sandal sebagai jaga-jaga kalau hujan di jalan. Jadi, sepatu bisa disimpan dan berganti dengan sandal. Memang dengan cara ini, sepatu kesayangan bisa terlindung dari cipratan air maupun lumpur.

Namun sayangnya, Anda harus berhadapan dengan risiko di bawah ini ketika memilih untuk memakai sandal sebagai alas kaki waktu naik motor.

1. Risiko luka bakar

Tanpa terlindungi oleh sepatu, kaki berisiko mengalami luka bakar akibat tak sengaja menyentuh knalpot maupun blok mesin yang panas. Apalagi jika Anda mengendarai motor sport. 

2. Risiko tergores

Kaki pun berisiko mengalami luka gores jika Anda hanya mengenakan sandal dan bukannya sepatu ketika naik motor. Goresan ini bisa muncul akibat terkena kerikil ‘terbang’, maupun benda-benda tajam yang ada di jalanan. Misalnya saja ranting tanaman, maupun bagian kasar dari trotoar.

3. Risiko cedera

Selain potensi luka bakar dan tergores, ada risiko cedera yang harus dihadapi jika tidak mengenakan sepatu waktu naik motor. Cedera tersebut dapat muncul apabila kaki Anda tersenggol kendaraan-kendaraan lain di sekitar. Selain itu, apabila terjatuh puh, risiko cedera menjadi lebih besar karena kaki tidak terlindung seperti halnya jika Anda mengenakan sepatu.

Rekomendasi model sepatu buat naik motor

Sepatu yang aman untuk mengendarai motor adalah yang modelnya menutupi mata kaki, karena mampu melindungi jari, tumit, bagian kaki lain, hingga pergelangan kaki sekaligus. Untuk naik motor bebek maupun sport, gunakanlah sepatu dengan hak, yang dapat menjaga grip di antara sepatu dan footstep.

Anda bisa memilih sepatu boots, pantofel, hingga sneakers. Pastikan sepatu Anda tidak licin ketika memijak footstep, ya!

Referensi

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/18/091200015/jangan-naik-motor-pakai-sandal-ini-alasannya#:~:text=JAKARTA%2C%20KOMPAS.com%20%2D%20Naik,kecelakaan%20atau%20insiden%20di%20jalan.

https://www.otosia.com/berita/jangan-pakai-sandal-jepit-saat-mengendarai-sepeda-motor-begini-risiko-bahayanya.html

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/18/081200715/ini-jenis-sepatu-yang-ideal-untuk-naik-sepeda-motor

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Motor Honda Berkendara Aman Naik Motor Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More