Ingin Liburan Naik Motor? Ini Yang Harus Anda Persiapkan

Publikasi: 3 bulan 16 hari 18 jam 12 menit yang lalu

Liburan memang paling nyaman jika bisa menggunakan alat transportasi super cepat seperti pesawat. Sayangnya, tidak semua orang memiliki budget berlibur naik pesawat. Pilihannya pun hanya ada dua, naik kendaraan pribadi atau memilih bus yang jauh lebih murah.

Kalau dibanding bus, naik kendaraan pribadi jelas lebih menyenangkan karena Anda bebas berhenti dan beristirahat dengan leluasa. Untuk Anda yang berlibur di kota terdekat, naik motor bisa dijadikan solusi. Sudah cepat, biayanya pun relatif lebih murah. Tapi tentu saja ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memutuskan berlibur dengan motor kesayangan. Berikut informasinya.

Cek kondisi motor dan ganti oli

Tak mau kan, perjalanan liburan jadi berantakan gara-gara motor mogok di tengah jalan? Itulah mengapa penting sekali untuk memeriksakan kondisi kendaraan minimal seminggu sebelum berangkat. Pastikan mesin dalam kondisi prima, oli sudah diganti, busi terjamin bersih, dan tentu saja ban memiliki tekanan angin yang tepat.

Pastikan ban tidak gundul

Selain masalah mesin, penting juga untuk memperhatikan kondisi ban motor Anda. Ban yang sudah terlalu lama tidak diganti akan memiliki permukaan yang halus dan mudah tergelincir saat bergesekan dengan aspal, terlebih lagi jika Anda berkendara di musim hujan. Jadi lebih baik ganti dulu ban lama Anda untuk menghindari celaka.

Isi penuh bensin dan bawa cadangannya

Meski Anda yakin ada banyak SPBU di sepanjang jalan, namun tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga dengan membawa bensin cadangan. Saat motor tiba-tiba kehabisan bensin, Anda pun bisa menggunakan bensin cadangan untuk mencari SPBU terdekat. Masukkan bensin cadangan ke dalam botol dan tutup dengan rapat. Sebaiknya jangan ditaruh di dalam tas tertutup apalagi jika bercampur dengan benda elektronik seperti laptop atau kamera.

Gunakan pakaian sesuatu standar safety riding

Selain motornya yang harus dipersiapkan, pengendaranya pun wajib memperhatikan tata tertib. Agar selamat sampai tujuan, pastikan Anda melindungi diri dengan helm SNI. Pastikan juga kaca helm bisa ditutup sehingga menghindarkan dari debu sepanjang perjalanan. Gunakan juga jaket, celana panjang, dan sepatu untuk meminimalisir resiko cedera saat terjadi kecelakaan. 

Jangan lupa pula kenakan sarung tangan agar daya cengkram pada stang lebih baik. Siap berlibur dengan motor kesayangan? 

Label : Touring Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Wahana Honda Wahanahonda AHM OIL

Comment

User Comment

Your comment

Load More