Ingin Riding Jarak Jauh? Pelajari Dulu Tips Ini

Publikasi: 1 bulan 20 hari 21 jam 48 menit yang lalu

Ketika kondisi di masa pandemi sudah terlihat jauh membaik dibanding beberapa bulan sebelumnya, godaan untuk touring atau riding jarak jauh pun kembali muncul. Terlebih, sejumlah tempat wisata pun kembali dibuka. Namun sebelum berangkat riding untuk menempuh jarak jauh, sebaiknya simak tipsnya berikut ini.

Meski nantinya Anda melakukan riding secara berkelompok, bukan berarti risiko insiden langsung berkurang hingga menjadi nol persen. Oleh karena itu, tetap gunakan perlengkapan keselamatan berkendara, dan ikuti tips berikut ini.

Tips aman untuk naik motor jarak jauh

Selain kondisi kendaraan dan tubuh, mengenakan safety riding dan mematuhi peraturan lalu lintas wajib dilakukan saat naik motor jarak jauh. Berikut ini penjelasan lengkapnya buat Anda.

1. Persiapkan kondisi tubuh

Sebelum berangkat riding jarak jauh, beristirahatlah dengan cukup, agar kondisi fisik dan mental terjaga. Sebab ketika harus menempuh perjalanan dalam waktu yang cukup lama, tubuh harus dalam kondisi prima. 

Ketika riding, beristirahatlah setiap menempuh perjalanan selama dua sampai tiga jam. Selain itu, hindari konsumsi minuman berenergi maupun minuman berkafein secara berlebihan sebelum berangkat.

2. Persiapkan ‘stamina’ motor

Selain tubuh pengendara, ‘stamina’ motor pun harus dipastikan dalam kondisi yang kuat untuk dipacu dalam jarak jauh. Yang harus diperiksa adalah rem, mesin, roda-roda, dan lampu. Apabila diperlukan, lakukanlah perbaikan di bengkel sebelumnya. 

Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa ketebalan dan kebersihan kampas rem. Begitu juga dengan oli mesin.

3. Gunakan safety riding yang sesuai

Untuk riding jarak jauh, kenakan perlengkapan keamanan berkendara secara lengkap, yaitu helm full face, masker, sarung tangan, jaket, celana panjang berbahan tebal, serta sepatu. Taka da salahnya untuk menambahkan rompi pelindung dari angin, deker, serta jas hujan dalam daftar perlengkapan. Pilih jas hujan dengan warna mencolok.

Jadi, sebelum berangkat riding untuk menempuh jarak jauh, pastikan Anda dalam keadaan sehat, motor memiliki kondisi prima, dan sudah ada perlengkapan keamanan berkendara yang sesuai. Bekali diri dengan uang tunai secukupnya untuk kebutuhan selama perjalanan.

Ketika menempuh perjalanan, selalu patuhi rambu-rambu dan etika berlalu lintas, demi keselamatan pribadi dan pengguna jalan lain, ya!

Referensi:

https://review.bukalapak.com/auto/tips-bawa-motor-jalan-jauh-47541

https://moladin.com/blog/tips-touring-jarak-jauh/


Label : Touring Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Wahanahonda Riding Jarak Jauh

Comment

User Comment

Your comment

Load More