Ini Alasan Kenapa Memanaskan Motor Tidak Boleh Dalam Ruangan Dan Dekat Tembok

Publikasi: 1 bulan 13 hari 8 jam 10 menit yang lalu

Salah satu perawatan motor yang mudah dan wajib rutin dilakukan adalah melakukan pemanasan, sebelum digunakan untuk bepergian.

Pemanasan penting dilakukan agar oli bisa bekerja melumasi semua komponen yang berada di dalam mesin.  Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama memanaskan kendaraan. 

Salah satunya terkait tempat memanaskan motor. Pilih tempat  yang lapang. Dan sebaiknya jangan terlalu dekat dengan dinding atau tembok. Ini lebih khusus lagi untuk motor jaman now. Karena pada saat pemanasan, otomatis lampu utama akan menyala jika mesin dinyalakan. 

Dan pantulan cahaya pada dinding tembok dapat merusak atau membuat bagian mika pada lampu depan meleleh akibat terlalu panas. Bila posisi motor terlalu dekat tembok,  maka tingkat panasnya akan memantul ke reflektor lampu itu sendiri. 

Lama kelamaan bisa mengakibatkan reflektor meleleh, dan menyebabkan bohlam putus. Sebaiknya memanaskan motor juga jangan terlalu lama. Cukup sekitar 3 sampai 5 menit. 

Sesungguhnya mesin motor modern tidak perlu dipanaskan terlalu lama karena pada dasarnya komponen motor sudah siap bekerja ketika mesin dihidupkan.

Memanaskan motor sebaiknya jangan dilakukan di dalam ruangan. Sebab, gas buang kendaraan mengandung berbagai kandungan berbahaya bagi tubuh. Seperti gas karbon monoksida (CO), karbondioksida (CO2), dan timbal. 

Panas yang dihasilkan tidak terbuang ke udara, malah akan mengumpul di dalam ruangan tersebut.  Ini  jelas berbahaya bila terhirup manusia, apalagi oleh anak-anak.

Nah,kini sudah jelas kan, mengapa memanaskan motor tidak boleh dalam ruangan dan dekat dengan tembok. 

Label : Cari Aman Tips Merawat Motor Tips Motor Honda #hondacare Memanaskan Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More