Ini Alasan Pentingnya Servis Injektor Motor

Publikasi: 2 tahun 10 bulan 26 hari 6 jam 34 menit yang lalu

Servis injektor motor memang mungkin bukan hal yang familiar di telinga Anda. Padahal, servis ini penting lho, biar performa si motor kesayangan tetap oke. Pabrikan motor juga sudah menganjurkan servis berkala untuk injektor motor.

Jangka waktu servis dari setiap pabrikan itu berbeda-beda. Jadi, cobalah mencari tahu lebih banyak soal anjuran waktu buat servis injektor bagi motor Anda. 

Manfaat servis injektor pada motor

Kalau motor Anda sering brebet-brebet waktu dipakai jalan, inilah waktunya buat mengingat kembali soal servis injektor motor. Soalnya, servis tersebut punya efek ciamik berikut ini buat motor.

Setelah injektor motor diservis, Anda akan merasakan tenaga yang bertambah. Akselerasi pun bisa kembali normal, jika semula terasa ‘ngempos’. Kenapa efeknya bisa begini? Jadi, part injektor ini juga bisa kotor dan tersumbat. Akibatnya, aliran bensin yang diperlukan mesin ikut terhambat.

Oleh karena itu, begitu injektor ini dibersihkan waktu servis, aliran bensin yang semula tersumbat, bisa kembali lancar.

Apa saja yang dilakukan ketika servis injektor motor?

Pada dasarnya, servis injektor motor dilakukan untuk membersihkan part yang satu ini. Namun berdasarkan keluhan pengguna maupun kondisi motor, berikut ini hal yang dilakukan waktu servis injektor pada motor.

1. Membersihkan kotoran

Apabila gangguan pada motor masih terbilang ringan, maka servis injektor ini dilakukan sebatas untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat injektor. Part yang satu ini pada motor berfungsi untuk menyemburkan bensin ke bagian mesin yang membutuhkan. 

2. Melepas injektor dan memeriksanya

Namun ketika teknisi menemukan ada ‘penyakit’ yang cukup serius pada motor, misalnya brebet-brebet atau mesin yang tidak juga menyala meski sudah distarter berulang kali, maka injektor harus dilepas dan diperiksa. Dengan alat bernama injector tester, teknisi dapat mendeteksi kerusakan pada bagian motor tersebut.

Berapa biaya untuk servis injektor ini? Biayanya relatif terjangkau, dan diperkirakan tidak sampai Rp200.000. Dengan harga ini, teknisi biasanya sudah sekaligus melakukan tune-up. Jadi, sebelum servis injektor, teknisi akan membersihkan throttle body motor dan filter udara. 

Sekarang, setelah mengetahui pentingnya servis injektor motor, jangan cuek lagi, ya. Kayak gebetan, injektor motor juga butuh perhatian Anda!

Referensi

https://www.gridoto.com/read/222650632/apa-manfaat-servis-injektor-di-motor-atasi-brebet-dan-susah-hidup?page=all

https://www.motorplus-online.com/read/251880350/biaya-infus-injektor-enggak-sampai-rp-100-ribu-apa-pengaruhnya-di-motor?page=all

Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Injector Cleaner

Berita Terkait