Ini Alasan Tepat, Mengapa Filter Udara Tidak Boleh Dicuci

Publikasi: 4 bulan 22 hari 3 jam 28 menit yang lalu

Mengapa  filter udara dari motor jenis kering tidak boleh dicuci dengan air atau disemprot angin kompresor? 

Mau tahu jawabannya? Begini cerita lengkapnya : 

Karena air dan angin dari kompresor dapat merusak lapisan viscous yang bakal membuat filter udara tidak mampu menyaring kotoran dengan maksimal.

Selain bikin throttle body dan ruang bakar kotor, mencuci filter udara kering punya dampak negatif buat mesin motor. Karena itu sangat disarankan jangan mencuci filter udara kering dengan menggunakan air dan ditambahi sabun.

Karena biasanya, setelah dicuci, filter udara dikeringkan dengan angin dari mesin kompresor, dan namun malah timbul masalah baru yakni, motor jadi susah dihidupkan. Ini terjadi karena air yang niatnya digunakan untuk membersihkan,  malah dapat membuat filter udara jadi gampang kotor.

Kalau filter udara kotor, imbasnya pada volume udara yang masuk ke ruang bakar jadi berkurang. Kemudian merembet  munculnya gejala motor susah untuk dihidupkan dan respon mesin jadi berat atau lemot.

Makanya, kalau filter udara kering sudah kotor lebih baik diganti baru. Jangan coba-coba membersihkan dan mengembalikan performa mesin, mencuci filter udara kering malah bisa memperburuk kondisinya 

Jadi, jika kondisi filter udara sudah kelewat kotor, langsung diganti saja.

Nah, biar tidak salah service,  bawa saja  sepeda motor kesayangan ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatankan perawatan, dan suku cadang terbaik. Jangan lupa untuk memanfaatkan layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu servis.

Service Motor Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Servis Motor ServisPastiDariYangAhli

Berita Terkait