Ini Beneran Fakta Malas Cuci Motor Bisa Merusak Sokbreker

Publikasi: 1 tahun 9 bulan 4 hari 14 jam 23 menit yang lalu

Rutin mencuci motor sesungguhnya wajib hukumnya. Apalagi  di kala musim hujan sudah datang, sepeda motor wajib mendapat perhatian lebih untuk dibersihkan. Minimal jangan membiarkan motor dalam keadaan kotor. Dan harus segera dicuci dan dibersihkan begitu masuk rumah, selepas dipakai seharian. 

Sebab  apabila membiarkan motor terlalu lama kotor, dan berdebu, ini akan dengan cepat mengakibatkan   salah satu komponen motor  jadi  cepat rusak. Ujung-ujungnya  sebagai pemilik, kamu juga yag   harus mengeluarkan uang lebih banyak buat servis atau penggantian komponen baru.

Harus dipahami, bahwa kotoran atau debu yang menempel, terutama  pada as bisa menyebabkan sokbreker cepat rusak. Oleh karena itu, jika motor terlihat kotor, terlebih  sehabis hujan  segeralah  cuci. Karena ini merupakan waktu yang paling krusial untuk menghindari terjadinya kebocoran pada shockbreaker depan. 

Soalnya saat sokbreker bekerja, debu tersebut akan ikut tergesek di antara as dan karet sil. Efek negatifnya, lama-kelamaan, karet sil akan rusak dan saat itu pula  oli di dalam sokbreker bisa keluar. Sil sokbreker depan sesungguhnya berfungsi untuk menjaga oli yang ada di dalam tabung sokbreker tidak merembes keluar. 

Apabila sil sudah rusak dan oli merembes keluar, nantinya bisa menetes hingga ke bagian pengereman.  Padahal perawatan bagian ini gampang sekali.  Cukup dibilas dengan air bersih, setelah itu dilap hinggal kering. Dan sebaiknya  ini dilakukan setiap hari, terutama  sehabis motor digunakan melewati hujan.

Jadi, sebaiknya jangan malas lagi ya. Segera cuci motor begitu  kelihatan berdebu. 


Cari Aman Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Cuci Motor Shockbreaker

Berita Terkait