wanda

Ini Dia Alasan Kenapa Mengendarai Sepeda Motor Sambil Merokok Sangat Tidak Dianjurkan Dan Berbahaya

Publikasi: 1 bulan 8 hari 14 jam 56 menit yang lalu

Beberapa orang yang ada di Indonesia yang merupakan perokok aktif terkadang wajar untuk merokok sambil mengendarai sepeda motor. Namun ada sebuah peraturan yang melarang pengendara sepeda motor untuk merokok sambil mengendarai sepeda motor. Peraturan ini tercantum di sebuah peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 tahun 2019 Pasal 6 dimana mengatur mengenai perlindungan keselamatan pengguna sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat. 

Jika kamu penasaran dengan isi peraturan tersebut akan di share nih bro beberapa isinya dan juga hukuman yang bisa kamu peroleh jika masih ngeyel. Isi dari peraturan tersebut kurang lebih adalah pengendara sepeda motor dilarang berkendara sambil merokok dan juga melakukan aktifitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor. 

Memang tidak dijelaskan secara mendetail bahwa rokok dilarang, namun mengingat merokok termasuk salah satu kegiatan yang menganggu proses berkendara, jadi kamu bisa mendapatkan hukuman yang masuk dalam Pasal 106 Ayat 1 dengan pidana kurungan paling lama 3 bulan dan denda paling banyak Rp. 750 ribu nih bro. 

Tapi tahu nggak sih alasan kenapa rokok ini dianggap menganggu dan dianggap berbahaya? Nah berikut adalah beberapa alasan kenapa berkendara dengan menggunakan sepeda motor bisa sangat membahayakan bagi diri sendiri maupun bagi orang lain disekitar kita. 

Alasan Kenapa Mengendarai Sepeda Motor Sambil Merokok Sangat Berbahaya

Kurang Maksimal Dalam Mengendarai Sepeda Motor

Jika kamu benar – benar memperhatikan bagaimana cara dan juga teknik yang benar dalam mengendarai sepeda motor mungkin akan menyadari hal pertama ini. Mengendarai sepeda motor saat merokok akan menganggu cara berkendara yang baik dan benar. 

Contohnya adalah memagang rem tangan, tuas gas, dan juga kopling pasti akan sangat terganggu. Dengan memegang rokok fungsi pengereman dengan menggunakan tangan juga akan sangat tidak optimal sehingga akan sangat membahayakan bagi pengendara itu sendiri. 

Untuk itu kamu harus sadar bahwa memang dari segi keselamatan berkendara dengan merokok cukup beresiko dari standar keselamatan. Pertama tentunya tidak sesuai dengan teknik keselamatan berkendara. 

Sebenarnya satu alasan ini saja sudah cukup untuk mewakili bahwa sangat berbahayanya merokok sambil mengendarai sepeda motor. Hal ini juga berlaku ketika kita menggunakan berbagai perangkat lainnya seperti hp, atau perangkat lainnya yang menganggu proses kita melakukan kemudi sepeda motor. 

Mengganggu Konsentrasi

Oke, bro mungkin kamu tidak terganggu konsentrasi, namun mungkin orang lain terganggu dengan rokok yang kamu hisap. Mungkin alasan ini terlalu sepele tapi sebenarnya ada beberapa kejadian yang terbukti memang rokok menganggu pengemudi lainnya. Sebagai contoh pengendara lain terkena bara api dari rokok, terkena asap rokok, dan lain – lain. 

Dengan adanya faktor ini tentunya menganggu pengguna jalan lain, dimana saat kita mengganggu pengguna jalan lain bisa menjadi sesuatu yang melanggar hukum. Nah, karena terkadang kita sebagai perokok aktif tidak sadar bahwa kegiatan merokok kita sangat mengganggu jadi kemungkinan memang sebenarnya sangat menganggu. 

Hal serupa juga terjadi pada penggunaan alat komunikasi seperti Hp, jika dilakukan anda bisa mendapatkan hukuman berupa tilang oleh kepolisian. Beberapa pemberitaan juga sudah memastikan bahwa akan memberlakukan tilang pada orang yang merokok sambil berkendara. 

Tidak Memperhatikan Keselamatan Berkendara 

Dengan merokok saat mengendarai sepeda motor kita tidak memperhatikan keselamatan berkendara. Para perokok pasif cenderung lebih “selow” atau lebih santai saat merokok dengan berkendara, dengan kewaspadaan yang lebih rendah. Dalam praktiknya kamu pasti tahu kan bro, bahwa waspada adalah modal utama dalam keselamatan berkendara terutama dengan menggunakan sepeda motor? 

Nah, untuk itu saat merokok kita jadi tidak menerapkan keselamatan dasar berkendara dengan aman terutama untuk para pengendara sepeda motor, tapi aturan dari berkendara dengan merokok ini juga berlaku juga untuk pengendara mobil. 

Pemerintah Indonesia juga menerapkan semua peraturan ini secara merata untuk sepeda motor dan juga mobil, jadi keduanya mendapatkan hukuman yang sama dan bisa ditilang atau didenda sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Nah, itu dia kenapa berkendara sambil merokok ini bisa membahayakan bagi kita dan juga bagi pengguna jalan lainnya. Jadi untuk kamu nih bro yang masih merokok dan mengendarai sepeda motor secara bersamaan mendingan dihapuskan deh kebiasaan buruk ini agar lebih memperhatikan keamanan, kenyamanan dalam berkendara di jalan raya. 

Label : Perawatan Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha

Comment

User Comment

Your comment

Load More