Ini Dia Tips Jitu Beli Sepeda Motor Bekas Berkualitas

Publikasi: 6 tahun 1 bulan 25 hari 11 jam 55 menit yang lalu

Kebutuhan akan kendaraan bermotor untuk aktivitas sehari-hari memicu permintaan motor semakin tinggi. Tidak hanya motor baru saja, tapi permintaan motor bekas (second) juga melonjak tajam. Namun, permintaan yang tinggi ini kerap kali memicu oknum nakal untuk memoles motornya sedemikian rupa demi menutupi kekurangan produk agar dapat menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Sudah sewajarnya kamu merasa bimbang saat ingin membeli sepeda motor bekas. Perasaan takut ditipu, mendapatkan harga yang tidak sesuai, bahkan risiko-risiko lain yang membuat kamu harus lebih teliti dalam membeli motor bekas.

Memang, dari segi harga yang ditawarkan motor bekas lebih murah dibandingkan motor baru. Namun, hal inilah yang membuat kamu harus lebih teliti dalam memerhatikan setiap aspek. Nah, agar tidak tertipu, berikut ini tips jitu yang bisa kamu terapkan untuk beli motor bekas berkualitas. Check this out!

1. Sesuaikan Bujet!

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat beli sepeda motor bekas adalah keuangan. Sebaiknya, sesuaikan kemampuan finansial kamu dengan harga jual dari motor second yang diinginkan. Jika kamu hanya memiliki bujet sebesar 5 juta, hindari motor bekas yang dibanderol dengan harga 9 juta. Bijaklah dalam memilih motor yang sesuai dengan bujet kamu.

2. Menentukan Fungsi dan Tujuan

Jika sudah menentukan bujet, selanjutnya kamu harus memikirkan fungsi dan tujuan membeli motor second tersebut. Tentukan pemakaian motor untuk transportasi sehari-hari atau ngojek.

3. Memilih Jenis Motor

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menentukan jenis motor yang ingin dibeli. Banyaknya jenis motor yang dijual di pasaran, seperti motor bebek, matic, hingga sport tentunya membuat kamu harus menentukan pilihan kendaraan sesuai dengan kebutuhan.

4. Mencari Informasi Spesifikasi Motor yang Diinginkan

Apakah kamu sudah memiliki pilihan motor bekas? Jika sudah, saatnya mulai mencari informasi mengenai spesifikasi lengkap dari motor incaranmu. Carilah sedetail mungkin agar kamu tidak menyesal di kemudian hari, misalnya performa motor, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, atau pemakaian bahan bakarnya.

5. Mengecek Harga Pasar dari Motor yang Ingin Dibeli

Setelah kamu mengetahui spesifikasinya, sekarang saatnya untuk mencari tahu kisaran harga dari motor tersebut. Jika harga motor sesuai dengan bujet yang kamu miliki, lanjutkan proses dengan pergi ke dealer. Namun, jika tidak sesuai kamu bisa mencari motor lain dengan bujet yang dimiliki

6. Cari Dealer Motor Bekas Tepercaya

Bisnis jual beli motor bekas sudah banyak ditemukan. Banyak dealer yang menawarkan promo menarik, seperti harga di bawah pasaran, pembayaran dengan kredit, dan masih banyak lainnya. Hal terpenting yang harus kamu perhatikan saat ingin membeli motor bekas adalah mencari dealer tepercaya. Pastikan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dealer tersebut. Di sinilah pentingnya kamu mengetahui harga pasar dari motor yang diingikan sehingga tidak mudah tertipu dengan dealer yang dengan sengaja menaikkan harga motor. Selain itu, jangan mudah tergiur dengan promo harga di bawah pasaran karena ini bisa jadi boomerang buat kamu nantinya.

7. Memilih Jalur yang Tepat

Jika semua aspek sudah terpenuhi dan kamu berhasil menemukan penjual yang menawarkan motor bekas sesuai, sekarang saatnya untuk melihat riwayat dari kendaraan tersebut. Sebagai pembeli, kamu harus bersikap cermat untuk memastikan bahwa motor tersebut memiliki riwayat yang baik. Jangan sampai motor tersebut adalah sitaan, curian, atau barang jaminan.

Jangan lupa juga untuk memastikan apakah motor tersebut pernah mengalami kerusakan yang cukup parah karena benturan atau tidak. Jika pernah, sebaiknya kamu mencari penjual lain yang menawarkan motor dengan riwayat lebih baik. Namun jika tidak, kamu bisa menerima konsekuensi jika mengambil motor tersebut.

Jadilah Konsumen yang Cerdas saat Beli Motor Bekas

Beberapa tips jitu di atas diharapkan dapat membantu kamu saat beli sepeda motor bekas. Meskipun bekas, bukan berarti kamu asal-asalan dalam memilih kendaraan. Memilih kendaraan bekas berkualitas adalah hal mutlak agar kamu tidak sia-sia mengeluarkan uang. Pastikan untuk selalu menjadi konsumen yang cerdas dengan mempertimbangkan segala aspek agar dapat menemukan motor bekas yang berkualitas.

Harga Motor Honda Harga Motor Honda

Berita Terkait