Ini Etika Menyalakan Sen Waktu Naik Motor

Publikasi: 13 hari 2 jam 17 menit yang lalu

Lampu sen pada motor berguna untuk memberitahu pengguna jalan di sekitar bahwa Anda hendak berbelok, berpindah sisi, maupun berputar arah. Sayangnya, masih banyak pengendara motor yang tidak taat dan mengabaikan fungsi lampu sen. Padahal etika berkendara, salah satunya dengan menyalakan sen sesuai peruntukannya, penting untuk keselamatan.

Bagaimana perasaan Anda kalau ada pengendara di depan yang tiba-tiba berbelok tanpa menyalakan lampu sen? Tak hanya kaget, kondisi ini pun rawan menimbulkan kecelakaan di jalan. Oleh karena itu, selalu gunakan sen dalam keadaan yang memerlukannya.

Nyalakan sen dalam kondisi ini

Ketentuan mengenai pemakaian lampu sen juga sebenarnya ada di Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009. Seperti apa ketentuannya? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Lampu sen untuk berbelok dan berbalik arah

Sebelum berbelok atau putar balik, Anda harus mengamati situasi lalu lintas di depan, samping, hingga belakang kendaraan melalui spion. Selain itu, pastikan memberi syarat dengan lampu penunjuk arah alias sen, maupun kode dengan isyarat tangan.

2. Lampu sen untuk berpindah jalur

Selain itu, Anda juga harus melakukan langkah serupa sebelum pindah jalur atau mengarahkan kendaraan ke samping. Jangan lupa nyalakan sen maupun memberi isyarat.

Apabila kedapatan melakukan pelanggaran lalu lintas terhadap ketentuan tersebut, ada pidana kurungan maksimal satu bulan atau denda hingga Rp250.000.

Pentingnya menyalakan lampu sen 

Sebaiknya, lampu sen dinyalakan sekitar 10-30 meter sebelum Anda berpindah jalur. Mengapa harus demikian? 

  • Agar pengendara lain dapat ikut ambil ancang-ancang dan mewaspadai keadaan di sekitar
  • Agar masih ada cukup waktu untuk memeriksa kondisi di sekitar motor lewat spion, sebelum Anda berpindah jalur, putar balik, atau berbelok
  • Agar ada jarak aman di antara setiap kendaraan

Nah, sekarang waktunya untuk memeriksa kondisi setiap lampu sen di motor kesayangan Anda. Jika ada yang mati, segera ganti dengan yang baru. Yang tak kalah penting, pastikan setiap penumpang yang Anda bonceng, mengenakan pakaian yang tidak menghalangi lampu sen di belakang.

Referensi

https://www.motorplus-online.com/read/252687655/jangan-asal-belok-perhatikan-cara-menyalakan-lampu-sein-motor-yang-benar

https://www.carmudi.co.id/journal/etika-menyalakan-lampu-sein-banyak-yang-ngawur/

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Lampu Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More